Waspada! 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Gagal Ginjal
Sumber :
  • vstory

VIVA - Saat ini banyak anak muda yang telah terpapar penyakit mematikan atau masalah kesehatan. Salah satunya adalah gagal ginjal. Bisa dikatakan masalah kesehatan adalah salah satu yang paling tidak menyenangkan karena menyebabkan penderitanya harus mengikuti proses cuci darah.

Pencarian Perawatan Kesehatan Global, Memahami Perspektif dan Tren Masyarakat Indonesia

Selain itu, penderitanya juga tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Harus ada larangan makan sesuatu yang sesuai dengan anjuran dokter dan seringkali sangat menyiksa bagi penderitanya karena gaya hidup mereka menjadi terbatas. Berikut ini adalah penyebab gagal ginjal pada usia muda yang harus Anda ketahui!

1. Diabetes

Ini adalah penyebab paling umum dari gagal ginjal. Diabetes membuat Anda tidak dapat memproduksi hormon insulin yang berguna untuk mengubah gula yang Anda konsumsi menjadi energi. Dengan tidak adanya ini, kadar gula akan terus menumpuk dan akhirnya merusak pembuluh darah di ginjal dan membuatnya rusak.

Pasal Tembakau di RPP Kesehatan Dinilai Ancam Pelaku Usaha dan Budaya Indonesia

2. Tekanan darah tinggi

Jantung yang bekerja terlalu keras dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti kurang olahraga atau akibat konsumsi alkohol yang sangat tinggi.

3. Penyakit yang menyerang kekebalan tubuh

4 Tahap Memaafkan, Penting Agar Rasa Marah Tidak Sampai Mengganggu Kesehatan

Contohnya adalah penyakit lupus dan berger. Dalam kasus lupus, ginjal akan membengkak karena serangan pada sel-sel sehat Anda dan semakin lama itu akan melukai ginjal lebih banyak. Ia bahkan bisa menyebabkan goresan lupus.

Sedangkan pada penyakit berger, kemampuan ginjal untuk menyaring rusak. Itu semua karena penumpukan protein dan membuat gumpalan di penyaring.

4. Penyakit genetik

Ini adalah sesuatu yang sulit untuk dihindari mengingat penyakit tersebut telah dibawa oleh keluarga Anda atau karena mutasi genetik dalam tubuh.

5. Sindrom nefrotik

Sindrom nefrotik adalah kumpulan gejala yang muncul ketika ginjal Anda tidak berjalan dengan baik. Gejalanya meliputi terlalu banyak protein dalam urin Anda, kadar protein yang rendah dalam tubuh, kadar kolesterol dan lemak yang tinggi dalam darah, serta kaki dan tangan yang bengkak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.