Mengenal Tiwul, Alternatif Karbo Rendah Kalori

Kuliner Nusantara
Sumber :
  • vstory

VIVA – ?Tiwul adalah makanan pokok pengganti nasi yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Penduduk Wonosobo, Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan dan Blitar dikenal mengonsumsi tiwul untuk makanan sehari-hari.

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang, lho!

Karena tiwul memiliki kalori yang lebih rendah dari nasi biasa, tiwul dapat dijadikan alternatif karbo untuk yang sedang diet. Kita akan tetap merasakan kenyang namun kalori yang masuk dalam tubuh tidak sebanyak ketika kita makan nasi. Nah, siapa yang mulai tertarik dengan tiwul ini?

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Tiwul memang agak sulit ditemukan terutama di kota besar. Jika kita beruntung, kita bisa temukan tiwul di pasar-pasar tradisional atau toko yang menjual jajanan pasar jadul. Namun jangan khawatir, saat ini ada tiwul instan.

Cara mengolahnya pun mudah, biasanya kita cukup merendam tiwul sebanyak seperempat kilo dalam 150 ml air. Lalu tiwul sudah siap kita santap. Lebih enak lagi jika kita mencampurkan serutan gula merah dan parutan kelapa ke dalam tiwul untuk menciptakan rasa manis berpadu dengan rasa khas tiwul yang unik.

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

Wakulovers tidak perlu bingung karena kalian bisa membeli tiwul instan di Wakuliner. tinggal pesan dan tunggu tiwul diantar sampai rumah kamu. Sangat direkomendasikan untuk kalian yang sedang diet dan yang sedang menjaga pola makan.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Diakui Tatiek jika usahanya membutuhkan peralatan yang memadai, sehingga ia akhirnya memutuskan untuk mencari pinjaman modal usaha lewat KUR BRI. “Untuk membuat ayam dan

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.