6 Gejala Kesepian yang Jarang Disadari, Kamu Punya?

kesepian
Sumber :
  • vstory

VIVA – Dalam masyarakat modern saat ini, kesepian telah menjadi hal biasa. Bahkan kesepian yang berkepanjangan mulai disandingkan dengan penyebab kematian dini seperti obesitas dan hipertensi. Tidak hanya terjadi pada orang tua saja, anak muda dan remaja juga banyak yang mengalami kesepian.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Orang yang kesepian kronis sering tidak menyadari atau bahkan menyangkal bahwa mereka kesepian. Stigma dan kebanggaan manusia modern tentang kemandirian terkadang membuat mereka enggan mengakuinya. Berikut adalah 6 tanda kesepian kronis yang bisa Anda rasakan untuk menilai diri sendiri.

1. Tidak bisa memasuki hubungan di tingkat yang lebih dalam

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Anda mungkin memiliki hubungan baik dengan banyak teman, saudara, dan keluarga. Hubungan Anda tanpa konflik seperti permukaan air yang tenang. Sejatinya Anda merasakan hubungan tersebut hanyalah hubungan semu.

2. Perasaan tak dianggap yang kuat di mana pun dan dengan siapa pun

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Karena Anda tidak memiliki koneksi dengan siapa pun, Anda merasa bukan bagian dari grup mana pun. Di kantor, kampus, kereta api, dengan teman-teman dari kantor, di  kelas, di mana saja, Anda merasa ada penghalang tak terlihat yang terus mengasingkan Anda. Meskipun Anda berinteraksi dengan lingkungan Anda, ini tidak lebih dari urusan dan kewajiban umum.

3. Tidak memiliki teman sejati atau teman dekat

Tidak memiliki teman dekat bisa dialami ekstrovert atau introvert. Untuk ekstrovert, mungkin Anda memiliki banyak teman dan kenalan. Bahkan bisa jadi Anda dikenal oleh banyak orang di berbagai tempat. Namun, sayangnya tidak satupun dari mereka yang benar-benar dekat secara emosional.

Untuk introvert, mungkin lingkaran sosial kecil di sekitar Anda masih tidak membuat Anda merasa nyaman. Teman-teman di sekitar Anda tidak pernah membuat Anda terikat secara emosional. Mereka datang dan pergi sebagai teman sementara. 

4. Merasakan perasaan negatif seperti pesimis dan tidak berguna

Orang yang kesepian kronis cenderung memiliki pikiran negatif yang terus berulang dalam pikiran. Menurut yayasan kesehatan mental, orang yang kesepian cenderung merasa tidak disukai, kurang empati dari orang lain. Itulah hal-hal yang membuat orang merasa kesepian dan menjaga jarak.

5. Ingin hubungan yang mendalam, tetapi merasa lelah ketika Anda harus mencoba

Kekosongan yang Anda rasakan karena kesepian mungkin menggerakkan Anda untuk memulai sesuatu yang baru. Anda akan mencoba bersosialisasi dan menjalin hubungan dengan bergaul dengan teman-teman. Jika Anda mengalami kesepian kronis, kegiatan semacam itu dapat menghabiskan banyak energi. Ini adalah respons alami tubuh ketika Anda mencoba sesuatu di luar hal "biasanya" yang Anda rasakan.

6. Ketika dalam suatu hubungan, Anda merasa tidak terlihat atau tidak ada respons

Dalam suatu hubungan, respons dari teman atau orang di sekitar Anda sangat penting. Sayangnya, Anda tidak mendapatkan respons yang Anda inginkan atau setidaknya itulah yang Anda rasakan. Dalam mengobrol dengan teman, Anda merasa pesan Anda tidak tersampaikan. Anda merasa mereka belum pernah melihat diri sejati Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.