Layanan Telekomunikasi Telkom Mulai Pulih di Palu dan Donggala

Sejumlah bangunan ambruk akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu, 29 September 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/BNPB

VIVA – Layanan telekomunikasi di beberapa wilayah berdampak gempa Sulawesi Tengah sudah mulai membaik. Salah satunya di beberapa titik kota Palu, layanan suara dan pesan sudah berangsur pulih.

“Saat ini layanan komunikasi SMS dan suara berangsur pulih di beberapa titik strategis kota Palu yang diprioritaskan bagi pemerintah dan instansi-instansi yang sangat membutuhkan," kata Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo dalam keterangannya, Sabtu, 29 September 2018.

Selain itu, dia menyebutkan, wilayah seperti Toli-toli, Poso dan Luwuk, jaringan 4G sudah kembali lagi beroperasi. Sementara layanan suara dan internet telah pulih di wilayah Donggala, namun untuk IndieHome yang menggunakan fiber optik masih mengalami masalah catuan listrik.

Arif mengungkapkan, pihaknya telah mengaktifkan akses wifi di area kantor Telkom Donggala. "Telkom juga telah mengaktifkan akses free wifi di area kantor Telkom Donggala yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan internet," ujar Arif.

Melalui Telkomsat, Telkom Group telah mengaktifkan sistem komunikasi satelitnya juga. Satellite News Gathering atau SNG sedang dalam perjalanan dari Makassar menuju Palu.

Telkom juga terus mengupayakan recovery layanan telekomunikasi. Ini untuk membantu koordinasi pihak-pihak yang sedang melakukan evakuasi pascagempa, termasuk pihak pemerintah dan juga petugas lapangan. (mus)