Pemindahan Ibu Kota Tuai Pro Kontra, Luhut: ke Surga Aja

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan,
Sumber :
  • Adi Suparman

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menyinggung rencana pemindahan Ibu Kota dalam rapat kerjanya dengan Badan Anggaran di Gedung DPR Senayan, Jakarta.

Menurut Luhut, dampak dari pemindahan ibu kota itu sangat positif. Ia pun mengakui, menjadi salah satu menteri yang paling 'cerewet' soal pemindahan ibu kota ini. Sebab, visi dan misi Presiden untuk membuat ibu kota ini sangat luar biasa. 

"Saya lihat, visi misi Presiden untuk membuat ini luar biasa. Ya pasti, ada yang prokon (pro kontra), ya saya kira, ya kalau mau kontra, ya ke surga aja kita. Ini kan penting untuk kebaikan Indonesia," ujar Luhut di ruang rapat Banggar, Jakarta, Senin 9 September 2019. 

Dia pun berpendapat, agar rencana pemindahan tersebut diserahkan sepenuhnya kepada Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Menurutnya, pemerintah siap dengan rencana yang disiapkan oleh Bappenas tersebut

"Nanti kita siap (jalankan), saya kira masih berjalan. Saya senang Bappenas membuat studi yang sangat komprehensif mengenai pemindahan ibu kota," kata dia.

Luhut juga mengatakan, hari ini para pakar dunia berkumpul untuk melakukan pembahasan mengenai pemindahan ibu kota ini. Para ahli atau pakar itu akan memberikan masukan kepada Pemerintah Indonesia.

"Dan, desain ibu kota itu memang kami sepakat juga waktu dalam ratas yang lalu, Presiden akan membuat smart city itu betul-betul ini nanti kota akan sangat efisien, misalnya transportasi lebih banyak nanti electric vehicles," tuturnya. (asp)