Militer Mesir Dukung Warga Berdemonstrasi Lawan Rezim

Bendera Mesir.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Para perwira militer Mesir mendukung warga melakukan unjuk rasa untuk mengakhiri rezim Presiden Abdel Fattah Al-Sisi. Front Perwira Mesir yang telah bersumpah setia kepada mantan kepala staf Angkatan Bersenjata Mesir, Sami Ama, mengatakan akan melindungi para demonstran.

Di laman Facebook, kelompok itu mengatakan bahwa militer akan melindungi para demonstran persis seperti apa yang terjadi pada 25 Januari 2011, ketika rezim Hosni Mubarak digulingkan.

Juru bicara resmi untuk Sami Anan, Mahmoud Refaat, mengonfirmasi laporan itu dan mengatakan dia akan mengumumkan nama-nama perwira militer yang akan melindungi demonstran. Dia menyebut mereka 'perwira terhormat' dalam militer Mesir.

Dilansir dari Middle East Monitor, akhir pekan kemarin ribuan pengunjuk rasa pro-demokrasi turun ke jalan di beberapa kota Mesir yang menuntut pengunduran diri Presiden Sisi.

Demonstrasi terjadi setelah sebuah video dari pengusaha terasing bernama Mohamed Ali mendesak warga Mesir untuk turun ke jalan. Dalam serangkaian video, Ali yang mengaku bekerja sebagai kontraktor bangunan untuk militer selama 15 tahun, menuduh Sisi dan para pembantunya menghambur-hamburkan uang negara. Padahal kemiskinan di negara itu semakin meningkat.

Namun, Sisi membantah tuduhan itu dan menyebut dirinya telah difitnah. Dalam konferensi persnya pekan lalu, Sisi mengatakan dia selalu setia dan jujur kepada militer dan warga Mesir.