Wow, Hadiah Total Sayembara Desain Ibu Kota Baru Mencapai Rp5 Miliar

Sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Negara Baru.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat hari ini, 2 Oktober 2019 secara resmi membuka sayembara gagasan desain kawasan Ibu Kota Negara baru. Ibu kota baru telah ditetapkan di Kalimantan Timur oleh Presiden Joko Widodo.

Dikutip dari website sayembaraikn.pu.go.id, pada Rabu 2 Oktober 2019, dijelaskan bahwa visi Ibu Kota Negara (IKN) Republik Indonesia harus merepresentasikan kemajuan bangsa yang unggul dan katalis peningkatan peradaban manusia Indonesia.

Dengan demikian, desain yang harus diajukan harus memenuhi tiga kriteria umum, yaitu pertama mencerminkan identitas bangsa, kedua menjamin keberlanjutan lingkungan, sosial dan ekonomi dan ketiga mewujudkan kota yang cerdas, modern dan berstandar internasional.

Adapun untuk persyaratan umum yang bisa mengikuti sayembara IKN ini, terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia dan non WNI, baik perseorangan atau kelompok yang memiliki kompetensi atau keahlian dalam bidang arsitektur, perencanaan wilayah dan kota, perancangan kota serta memiliki minimal SKA Madya arsitektur atau perencanaan kota yang berlaku.

Nantinya pemenang sayembara akan mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah sebesar:

Pemenang I     Rp2.000.000.000
Pemenang II     Rp1.250.000.000
Pemenang III    Rp1.000.000.000
Harapan I     Rp500.000.000
Harapan II    Rp250.000.000

Adapun untuk pendaftaran sayembara dapat dilakukan melalui website sayembaraikn.pu.go.id, pada 3-18 Oktober 2019. Lalu, pada 18 Oktober 2019 akan diberikan penjelasan.

Sementara itu, untuk dewan juri akan diisi oleh ketua Imam Santoso Ernawi, wakil ketua Andy Seswanto, serta sembilan anggota, yakni Ridwan Kamil, Nyoman Nuarta, Daliana Suryawinata, Masjaya, Ikaputra, Gunawan Tjahjono, Danang Priatmodjo, Denny Zulkaidi, serta Wiendu Nuryanti.