Sri Mulyani Tetap Menteri Keuangan

Sri Mulyani memberikan keterangan kepada wartawan di Istana usai ketemu Jokowi.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa dia tetap ditunjuk sebagai Menteri Keuangan untuk periode kedua Presiden Joko Widodo.

Dia menegaskan, siap mendukung apa yang menjadi program dari Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. 

"Presiden menugaskan saya, untuk tetap menjadi menteri keuangan dan menggunakan seluruh kebijakan fiskal untuk mewujudkan ketahanan ekonomi," kata Sri usai bertemu Jokowi di Istana Negara, Selasa 22 Oktober 2019.  

Sri mengatakan, dia dengan Jokowi membicarakan tentang perekonomian nasional. Ia mengatakan, Pemerintahan Jokowi akan terus bekerja menciptakan kesempatan kerja dan mendorong perekonomian, agar menciptakan kesempatan kerja

"Presiden meminta saya, menugaskan saya, tetap menjadi menteri keuangan dan menggunakan seluruh kebijakan fiskal di dalam membantu menteri-menteri terkait, bekerja sama dengan menteri perekonomian perindustrian, perdagangan UMKM dalam membangun ekonomi lebih baik," katanya. 

Dia mengatakan, ke depan pemerintah akan mendorong instrumen-instrumen kebijakan baik di bidang fiskal dan di sektor keuangan perbankan, dan pasar modal.

"Di Menkeu, kami koordinasi dengan OJK, LPS dalam forum KSSK, berharap bisa menjaga stabilitas ekonomi, ketahanan ekonomi. Tetapi, dalam saat yang sama meningkatkan kebijakan usaha kecil menengah," ujarnya. 

Seperti diketahui, Sri Mulyani telah menjabat sebagai menteri keuangan sejak 27 Juli 2016 dalam Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla.

Dalam Kabinet Indonesia Bersatu, ia juga menjabat sebagai menteri keuangan hingga dia mengundurkan diri untuk menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Perempuan berusia 57 tahun ini adalah wanita dan orang asia pertama yang berhasil menduduki posisi tersebut. Sri juga pernah dinobatkan menjadi menteri keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006. (asp)