Operator Telekomunikasi Siap Konsolidasi dengan Menkominfo Baru

Kesiapan Operator untuk Konsolidasi di Era Menkominfo Baru. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)
Sumber :
  • wartaekonomi

Suksesi jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika ke meninggalkan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Menkominfo baru. Salah satunya adalah konsolidasi operator telekomunikasi.

Wakil Direktur PT Hutchison 3 Indonesia atau Tri, Danny Buldansyah, mengatakan bahwa operator sebetulnya sudah siap terhadap usulan pemerintah agar operator melakukan konsolidasi untuk menciptakan efisiensi bisnis.

"Operator siap untuk konsolidasi. Saya yakin semuanya siap untuk konsolidasi," ujar Danny di Gedung Kominfo, Rabu (23/10/2019).

Meski begitu, tidak dimungkiri oleh Danny, ada beberapa pertimbangan yang diperhitungkan oleh operator terhadap rencana konsolidasi ini. "Tapi barang kali kan kalau yang namanya konsolidasi ada yang mau, ada yang bersedia untuk menjual, ada yang bersedia untuk membeli, atau ada  yang bersedia untuk konsolidasi. Tergantung dari value-nya kan. Nah, ini saja yang kita siapkan," tambahnya.

Menurutnya, asal pemerintah sudah menyiapkan aturan, regulasi, dan ketentuan bagaimana konsolidasi akan dijalankan, ia menyebut operator siap untuk berkonsolidasi. "Yang penting dari pemerintah sudah disiapkan aturan-aturan atau rules-nya bagaimana jika konsolidasi itu terjadi," pungkasnya.

Sebelumnya, Menkominfo Kabinet Kerja, Rudiantara, mengatakan alasan mengapa konsolidasi operator tidak selesai di masa jabatannya. Ia mengungkapkan bahwa adanya ego dari masing masing operator yang membuat proses konsolidasi berlangsung lama.

"Nanti kalau konsolidasi siapa yang jadi pimpin, saya atau dia, kan itu. Terus kalau valuasinya berapa. Kalau masalah frekuensi enggak jadi isu karena sekarang kita nambah terus frekuensi," ujarnya ketika ditemui di rumah dinasnya di Widya Chandra V/27, Kamis (17/10/2019).