Bukalapak Pede Warung yang Jadi Mitra Cepat Naik Kelas

Bukalapak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Afra Augesty

VIVA – ?Bukalapak menegaskan komitmennya bekerjasama dan bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendukung rencana pemerintah mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. Upaya guna merealisasikan komitmen tersebut pun terus dikembangkan.  

Chief Strategy Officer Bukalapak, Teddy Oetomo mengatakan, pemberdayaan Pelapak, Mitra Bukalapak, hingga dukungan bisnis berbasis digital seperti akses permodalan dan pemasaran menjadi fokus perusahaan saat ini. 

“Saat ini, Bukalapak memiliki sekitar 2.5 juta mitra Bukalapak yang terdiri dari warung binaan dan agen indiviual serta lebih dari 5 juta Pelapak” jelas Teddy dikutip dari keterangan resminya, Jumat 7 November 2019. 

Teddy mengatakan, komitemn tersebut pun telah ditegaskan dalam pertemuan bersama dengan CEO Emtek, Alvin Sariaatmadja, dan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Koperasi dan UKM RI menegaskan bahwa program Bukalapak untuk membangun ekosistem teknologi bagi UMKM dan pengembangan masyarakat yang inklusif, sejalan dengan program kementerian.  

“Inovasi Bukalapak akan selalu berfokus pada kualitas hidup masyarakat, sehingga pembangunan ekosistem online ritel yang kokoh akan terus dilakukan tidak hanya di kota-kota besar akan tetapi juga menjangkau ke seluruh pelosok negeri,” ucap Teddy.  
 
Bukalapak pun lanjutnya terus mendorong UMKM agar go digital sehingga bisa lebih cepat berkembang.  Hal itu juga dilakukan dengan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha melalui pelatihan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan.  

“Hal ini kami lakukan dengan tujuan agar dapat menaikkelaskan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk lebih optimal dalam berbisnis secara online. Dengan demikian masyarakat Indonesia yang berbasis digital akan segera terwujud,” tambah Teddy.

Dalam rangka pengembangan UMKM, Bukalapak memberi bantuan teknologi dan logistik agar pengiriman logistik dapat dilakukan lebih cepat, serta harga di warung juga lebih efisien. Melalui Mitra Bukalapak, warung dapat semakin naik kelas karena semakin terhubung dengan teknologi.

Pemberdayaan warung, juga diperkuat dengan adanya kolaborasi dengan pemerintah melalui program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Program kerja sama ini memungkinkan pemilik warung mendapat pembiayaan pinjaman usaha maksimal Rp10 juta per nasabah.