Begini Cara Bikin Utang Kartu Kredit Lunas Sekejap

Ilustrasi kartu debit/kredit
Sumber :

VIVA – Siapa yang tak kenal dengan kartu kredit? Banyak orang, mungkin Anda salah satunya yang menggunakan kartu 'sakti' ini untuk melakukan sejumlah aktivitas transaksi, seperti membeli pakaian, barang elektronik, bahkan travelling.

Ya, pesona kartu kredit memang seakan tiada sirna, terlebih di zaman sekarang ini yang transaksi dilakukan dengan cara mudah. Tak jarang orang-orang beranggapan bahwa kartu kredit dianggap sebagai ‘penolong’ di tengah keterbatasan finansial yang dimiliki.

Apalagi, sejumlah bank penerbit kartu kredit memberikan benefit bagi siapa pun yang menggunakan kartu kredit mereka, seperti cashback di merchant-merchant yang telah bekerja sama. Jika sudah begitu, siapa yang tidak tergiur untuk menggunakan kartu kredit?

Anda tentunya sudah tahu bukan kalau yang namanya menggunakan kartu kredit, artinya berutang kepada bank yang kartu kreditnya digunakan? Nah, di sini lah masalah terbesar muncul tatkala Anda secara tidak sadar telah berutang begitu banyak akibat perilaku konsumtif.

Tahu-tahu tagihan membengkak dan utang terus berlanjut. Tentu ini membahayakan, terlebih lagi jika usia sudah kepala 30-an.

Nah, bagaimana cara menyiasatinya? Agar utang kartu kredit cepat lunas, lakukan cara berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Buat daftar pengeluaran, tagihan, dan prioritas pembayaran

Rentang usia 20-an merupakan saat-saat di mana Anda belajar menjalani kehidupan yang sesungguhnya. Di sini, Anda mungkin akan merasakan jatuh bangun dan pahit manisnya kehidupan. Hal ini termasuk dalam urusan finansial.

Namun, saat Anda memasuki usia 30 tahun dan seterusnya, Anda diharapkan sudah benar-benar siap menjalani kehidupan. Dalam artian, sudah cukup Anda mempelajari segala hal yang baik untuk diterapkan di kehidupan Anda.

Bukan lagi waktunya Anda terjatuh di kesalahan yang sama. Kini saatnya Anda mulai serius untuk menata kehidupan, mempersiapkan keluarga, hingga memulai bisnis Anda sendiri. Oleh sebab itu, bijak lah menggunakan kartu kredit.

Buatlah semacam catatan yang memuat daftar pengeluaran Anda, termasuk berapa total biaya yang telah Anda habiskan melalui kartu kredit. Ini sangat penting agar Anda bisa mengetahui arus kas uang Anda, pun untuk menentukan prioritas pelunasan tagihan.

2. Batasi utang dan punya kartu kredit tak lebih dari tiga

Acap kali promo yang ditawarkan para bank terkait pengajuan kartu kredit membuat Anda tergiur dan tanpa pikir panjang mengajukan kembali punya kartu kredit. Tahan nafsu Anda karena ini bisa saja menjadi awal dari ‘bencana’ selanjutnya jika berlebihan.

Jika dirasa tidak penting, maka sebaiknya hindari keinginan Anda untuk memiliki kartu kredit baru tersebut. Kesampingkan sejenak hal-hal yang sebenarnya hanya “lapar mata” Anda saja, seperti promo cicilan smartphone, tiket pesawat, dan sebagainya.

Lebih baik jika Anda prioritaskan uang Anda untuk hal-hal yang penting seperti bangun rumah, atau memenuhi kebutuhan lainnya.

3. Cari dan tingkatkan penghasilan

Strategi ini dinilai cukup jitu untuk mengatasi kondisi Anda yang dililit utang kartu kredit segunung. Jika hanya mengandalkan gaji, sepertinya hal tersebut belum bisa membantu Anda secara signifikan dalam melunasi utang kartu kredit.

Karenanya, Anda bisa mencoba untuk mencari penghasilan tambahan di luar gaji di kantor sekarang. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan.

Cari saja pekerjaan freelance yang kiranya sesuai dengan skill atau hobi yang Anda miliki, seperti menulis, graphic design, web developing, hingga bermain musik sekali pun. Dengan memiliki penghasilan tambahan, beban finansial Anda pun dijamin akan terasa lebih ringan. 

Walaupun Anda jadi harus memiliki waktu ekstra, namun hal ini seharusnya bukanlah halangan, melihat manfaat yang bisa didapatkan.

Bebaskan diri dari utang tak produktif

Itulah beberapa tips untuk mengatasi utang kartu kredit yang menumpuk bagi Anda.

Komitmen dan disiplin merupakan dua kunci utama yang menjamin keberhasilan Anda untuk keluar dari jerat utang kartu kredit untuk kemudian bisa menjalani kehidupan yang aman, nyaman, dan stabil. Jadi, sudah siap untuk melunasi utang kartu kredit Anda? Selamat mencoba!