Menerawang IPO Perusahaan Paling Untung di Dunia Saudi Aramco

Ilustrasi kilang minyak Aramco
Sumber :
  • Twitter / Aramco

VIVA – Siapa perusahaan paling menguntungkan di dunia saat ini? Apple atau Google? Bukan keudanya. Jawabanya adalah perusahaan minyak pemerintah Arab Saudi, Aramco. 

Dilansir dari Vox, Senin 18 November 2019, pada 2018 Aramco menghasilkan laba senilai US$111 miliar. Capaian itu lebih tinggi dari Apple yang menghasilakan US$60 miliar. 

Pada 3 November lalu, Aramco pun secara resmi mengumumkan rencanya go publik atau Initial Public Offering (IPO) untuk pertama kalinya sejak perusahaan itu berdiri selama 86 tahun. Pada 17 November lalu, raksasa minyak dunia itu pun mengumumkan bahwa valuasinya kini senilai US$1,7 triliun. 

Pengamat Energi Ellen R Wald berpendapat, keputusan Aramco untuk menjadi perusahaan terbuka akan menimbulkan permasalahan besar. Apalagi sebagai perusahaan teruntung di dunia, IPO yang dilakukan pasti akan mencatatkan rekor dunia. 

Aramco juga dinilai memiliki pengaruh yang besar di dunia khususnya di Amerika Serikat. Sebab, banyak hal yang digunakan sebari-hari oleh warga AS berhubungan dengan Aramco. 

" Aramco memiliki kilan terbesar di seluruh negeri (AS). Ia juga memiliki stasiun bensin Shell di AS bagian tenggara. Banyak orang AS yang tergantung pada minyak atau bensin Aramco," ujar Ellen. 

Selain itu, tantangan terbesar IPO ini lainnya adalah pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi. Hal ini bisa membuat investor berfikir ulang untuk berinvestasi apalagi uang itu akan digunakan untuk mendukung monarki di Arab Saudi yang beberapa tidakannya melanggar hak asasi manusia. 

Namun, sejumlah pihak pun mengatakan momentum IPO Aramco ini tidak akan seburuk yang dipikirkan. Sebab, dunia akan mencapai puncak permintaan minyak dalam waktu dekat. (ren)