Hindari Beli Rumah di Daerah yang Tak Penuhi Kriteria Ini

Ilustrasi perumahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Berencana memiliki hunian pribadi dan membeli sebuah unit di perumahan, Anda pasti sudah mulai mempersiapkan dana untuk kebutuhan yang satu ini. Harga rumah tidak bisa dibilang murah, apalagi jika Anda berencana membelinya di kawasan cukup elit.

Meski akan menggunakan layanan KPR untuk mewujudkan hal ini, setidaknya Anda tentu harus memiliki uang muka sekitar puluhan hingga ratusan juta, tergantung tipe rumah dan lokasi perumahan yang akan Anda pilih nanti.

Sebelum memilih, pastikan Anda cermat dan memiliki perhitungan matang terkait dengan rencana pembelian rumah ini. Hal ini penting, mengingat pembelian rumah akan melibatkan jumlah uang yang cukup besar. Jangan sampai kelak Anda menyesal atau bahkan mengalami kerugian, hanya karena tidak jeli dalam memilih. 

Ada banyak pertimbangan penting yang harus Anda pikirkan dengan matang, sehingga pembelian rumah benar-benar menguntungkan. Jangan asal beli rumah, sebaiknya kenali ciri-ciri perumahan yang rumahnya layak dibeli karena menguntungkan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Fasilitas pendukung yang memadai

Perumahan yang nyaman, tentu harus memiliki fasilitas pendukung memadai. Setidaknya, kompleks perumahan pilihan Anda harus memiliki beberapa fasilitas penting yang akan membuat aktivitas menjadi lebih mudah dan nyaman.

Beberapa fasilitas tersebut, di antaranya area bermain anak, sistem keamanan yang memadai, ruang terbuka hijau, jogging track, dan lainnya. Semua fasilitas ini akan membuat para penghuni kompleks menjadi lebih nyaman dan leluasa untuk bersosialisasi.

2. Lokasinya di tempat yang strategis

Selain lokasinya, letak rumah juga menjadi hal penting untuk dicermati. Membeli rumah yang letaknya strategis juga akan sangat menguntungkan, sebab akses menuju rumah akan jauh lebih mudah.

Hal ini juga akan memberikan peluang untuk membuka bisnis dengan biaya murah, sebab Anda tak lagi perlu menyewa toko atau bahkan ruko. Membeli rumah yang letaknya di persimpangan bisa Anda jadikan pertimbangan, terutama jika kelak Anda berniat untuk menjalankan bisnis di sana. 

3. Bukan daerah area rawan bencana

Membeli rumah yang berada di zona merah atau kawasan rawan bencana tentu akan sangat berisiko menimbulkan kerugian. Meski pun harga yang ditawarkan cukup murah, hindari untuk membeli perumahan di lokasi seperti ini. Jika terkena dampak bencana, Anda akan membutuhkan biaya renovasi yang cukup besar. 

Bukan hanya membahayakan keselamatan Anda, lokasi perumahan yang seperti ini juga akan membuat Anda kelak sulit menjual kembali rumah tersebut kepada orang lain.

4. Area perumahan memiliki air yang bersih

Kesehatan di sebuah lingkungan tentu akan sangat tergantung pada sanitasi di sekitarnya. Sistem pengolahan sampah, limbah, dan juga air bersih patut menjadi perhatian khusus bagi Anda. Hal ini sangat penting, sebab rumah yang sehat tentu harus memiliki sumber air dan udara yang bersih dan layak. 

5. Lingkungannya kondusif

Keamanan selalu menjadi poin penting yang tidak biasa diabaikan. Selain menyangkut keselamatan, lingkungan yang kondusif juga tentu akan memberikan kenyamanan lebih bagi penghuni perumahan.

Bukan hanya di dalam area kompleks saja, namun kondisi lingkungan sekitar kompleks juga perlu menjadi pertimbangan. Jika hidup di kompleks yang memiliki lingkungan yang kondusif, Anda bisa tenang dan hidup dengan damai bersama dengan para tetangga sekitar rumah Anda tersebut.

6. Harga rumah layak dan terjangkau

Harga selalu menjadi poin penting yang harus dipertimbangkan ketika membeli, termasuk saat membeli perumahan ini. Harga sebuah rumah tentu akan sangat tergantung pada lokasi dan juga ukuran rumah itu sendiri.

Semakin mahal sebuah rumah, maka akan semakin sulit juga orang untuk membelinya. Namun, harga yang murah juga tentu tidak bisa selalu dijadikan sebagai patokan, mengingat ada hal lainnya yang patut dipertimbangkan.

Untuk mengetahui layak atau tidaknya harga sebuah rumah, pastikan Anda mengumpulkan informasi akurat terntang kisaran harga rumah di sekitar lokasi yang Anda incar. Anda juga bisa berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman atau bahkan developer profesional. 

7. Bisa menggunakan cicilan KPR

Tidak semua orang membeli rumah dengan cara tunai, apalagi jika harganya terbilang mahal. Perumahan yang bisa dibeli dengan layanan KPR tentu akan menguntungkan, sebab Anda bisa membelinya dengan membayar sejumlah uang muka saja terlebih dahulu.

Selama masa cicilan, Anda sudah bisa menempati rumah tersebut dan memangkas biaya kontrakan dari pengeluaran Anda selama ini.

8. Memiliki prospek yang menguntungkan

Rumah merupakan aset dan sekaligus investasi jangka panjang, sehingga penting untuk memastikan bahwa prospeknya akan menguntungkan di masa yang akan datang. 

Anda juga perlu melihat potensi perkembangan kawasan sekitar lingkungan kompleks Anda di masa yang akan datang, sebab ini juga nantinya akan memengaruhi harga jual rumah Anda tersebut. 

Cermatlah dan pertimbangkan dengan matang sebelum beli rumah

Jika Anda berniat membeli perumahan, pastikan Anda cermat dan memiliki pertimbangan yang tepat ketika memilih. Hal ini penting, mengingat Anda akan mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan yang satu ini. 

Selain kenyamanan, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa pembelian rumah yang Anda lakukan tersebut menguntungkan. (asp)