Presiden Brasil Tuding Leonardo DiCaprio Beri Uang Bakar Amazon

- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuding aktor Hollywood Leonardo diCaprio "memberi uang untuk membakar Amazon".

Sang presiden tidak memberikan bukti kuat atas klaimnya, namun sebelumnya dia juga menuding sebuah LSM yang mengkritik kebijakannya sebagai penyebab kebakaran yang menghanguskan hutan hujan Amazon tahun ini.

Beberapa penangkapan telah dilakukan meski dianggap kontroversial dan merupakan tuduhan tanpa bukti kuat.

DiCaprio yang memberi sumbangan US$5 juta, atau sekitar Rp70 miliar, untuk Amazon, membantah klaim Bolsonaro

Pernyataan terbaru tampaknya muncul setelah adanya penangkapan terhadap empat petugas kebakaran sukarela dari negara bagian Pará utara dengan tuduhan bahwa mereka memulai kebakaran demi mendapat sumbangan dari LSM.

Kelompok-kelompok HAM, LSM dan kritikus mengklaim operasi polisi terhadap mereka memiliki motif politik dan merupakan upaya untuk melecehken kelompok-kelompok lingkungan.

Kebakaran yang menghanguskan Amazon pada Agustus lalu menyebabkan kekhawatiran global akan "paru-paru bumi".

Apa yang dikatakan Presiden Bolsonaro?

Bolsonaro menyatakan tudingan terhadap DiCaprio dalam sambutan seingkatnya di kediaman presiden, Jumat silam.

"Leonardo DiCaprio itu pria yang keren, bukan? memberikan uang untuk membakar Amazon."

Dia tidak memberikan bukti dan tidak menjelaskan lebih lanjut, meskipun pernyatannya itu menggemakan apa yang dia katakan sehari sebelumnya.


Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuding aktor Hollywood Leonardo diCaprio "memberi uang untuk membakar Amazon". - AFP

Organisasi lingkungan PBB, World Wildlife Fund (WWF), juga membantah tudingan Bolsonaro yang menyebut organisasi itu membayar foto-foto yang diambil oleh petugas kebakaran yang ditangkap, yang sejak itu telah dirilis.

Bolsorano mengatakan: "Jadi, apa yang dilakukan LSM? Apa hal yang paling mudah? Membakar hutan. Ambil gambar, buat video. [WWF] melakukan kampanye melawan Brasil, menghubungi Leonardo DiCaprio, dia menyumbang US$500.000.

"Sebagian dari itu ditujukan kepada orang-orang yang membakar hutan. Leonardo DiCaprio, Anda berkontribusi terhadap kebakaran di Amazon, itu tidak akan berhasil," ujarnya.

Bagaimana tanggapan DiCaprio?

Aktor dan aktivis lingkungan itu telah merilis pernyataan yang mengatakan: "Meskipun mereka tentu saja layak didukung, kami belum mendanai organisasi yang saat ini sedang diserang.

"Masa depan ekosistem yang tidak tergantikan ini dipertaruhkan dan saya bangga menjadi bagian dari kelompok yang melindungi mereka."


DiCaprio membantah tuduhan itu tetapi mengatakan dia mendukung kelompok yang terlibat - Reuters

Dia memuji "orang-orang Brasil yang bekerja untuk menyelematkan warisan alam dan budaya mereka".

WWF juga mengatakan tidak menerima donasi dari aktor tersebut.

>

Sementara itu, tuduhan Bolsonaro diejek oleh lawan politiknya.

Senator Randolfe Rodrigues mencuit: "Sungguh putus asa. Presiden kita yang lalai dan tidak kompeten, yang bertanggung jawab atas perusakkan lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya, menyalahkan DiCaprio tetapi bukan pemerintahannya sendiri yang tidak mampu mengambil satu langkah tanpa menghancurkan sesuatu."

Bagaimana dengan kebakaran dan siapa yang harus disalahkan?

Selama beberapa minggu di bulan Agustus, api membakar sebagian Amazon dengan kecepatan yang tidak terlihat selama bertahun-tahun, memicu kekhawatiran internasional atas kondisi "paru-paru bumi".

Amazon adalah hutan hujan terbesar di dunia dan simpanan karbon penting yang memperlambat laju pemanasan global.

Pada bulan Agustus ada ribuan kebakaran, hampir tiga kali lipat dari bulan yang sama tahun lalu.

Bolsobaro mengerahkan militer ke Amazon dan kebakaran mereda setelah Agustus, meskipun para pegiat mengatakan pemerintah harus berbuat lebih banyak untuk menghentikan mereka.

Kebakaran hutan terjadi selama musim kemarau antara Juli dan Oktober. Kebakaran bisa disebabkan oleh peristiwa yang terjadi secara alami, seperti sambaran petir, tapi tahun ini sebagian besar diperkirakan dipicu oleh petani dan penebang yang membuka lahan untuk tanaman atau penggembalaan.