Sri Mulyani Minta Kader Parpol Bantu Pemerintah Tarik Investasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani
Sumber :
  • VIVAnews/Arrijal Rachman

VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menilai, partai politik atau parpol merupakan salah satu aktor kunci dalam mendorong kebijakan mendukung investasi untuk memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

Dia mencontohkan, proses pembahasan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), memerlukan kerja sama dan sinergi harmonis antara Pemerintah Pusat dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang diisi oleh para kader parpol.

Begitu juga untuk level daerah, sebelum disahkan dan diundangkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) memerlukan dukungan dan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).
 
“Kita semua tahu bahwa di dalam mendesain APBN, yang bisa digunakan sebagai salah satu instrumen mendukung investasi, peranan DPR atau partai politik menjadi penting” kata dia, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin 2 Desember 2019.

Selain itu, lanjut dia, banyak pimpinan pusat dan daerah yang berasal dan didukung oleh partai politik. Karenanya, Sri berharap, semua pihak bisa bekerja sama untik mampu menarik investasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

Namun, Sri menyayangkan masih terdapat pimpinan daerah yang mengeluarkan kebijakan yang tidak sejalan dengan arahan dan kebijakan Presiden, sehingga mengakibatkan investor luar negeri dan dalam negeri enggan menginvestasikan dananya di Indonesia.
 
“Kalau daerah ingin dapat banyak pendapatan dari penerimaan perpajakan, maka dibantulah kami dalam hal penerimaan pajak. Yang lucu itu daerah ingin mendapat bagiannya, tetapi waktu penerimaan pajak dia tidak mau bantu," tegasnya.

Bahkan, lanjut dia, kebijakan pemda seringkali tidak membantu Pemerintah Pusat memberikan kemudahan investasi bagi pengusaha asing maupun domestik, malah menyusahkan. Membuat kebijakan yang malah menjadikan investasinya kabur.

"Bikin kebijakan yang membuat perusahaan-perusahaan itu kemudian tidak bisa hidup, sehingga basis pajaknya juga turun. Saya ingin menyampaikan kepada daerah kita ini satu perahu. Kalau kita ini satu perahu, maka kita akan saling menjaga dan memperkuat,” ungkap dia.