Bom Perang Dunia Ditemukan, Ribuan Warga Turin Dievakuasi

Ilustrasi police line
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pemerintah Kota Turin, Italia, mengevakuasi ribuan warga selama akhir pekan kemarin setelah sebuah bom yang berasal dari Perang Dunia II dijinakkan. Sekitar 10 ribu orang yang tinggal di zona merah diwajibkan mengungsi. Sementara 50 ribu warga lainnya diminta untuk mengungsi atau tinggal di dalam rumah selama bom dijinakkan.

Menurut pejabat setempat, bom itu akan dijinakkan oleh para ahli pembuangan bom dan sedang diangkut ke tambang di dekat Cirie. Ruang udara dan jalur kereta pun ditutup untuk sementara waktu selama operasi penjinakan bom tersebut.

Dilansir dari Independent, polisi Kota Turin mengatakan bom Perang Dunia II itu ditemukan di sisi konstruksi di pusat Kota Turin. Warga lalu diizinkan untuk kembali ke rumah mereka sore harinya, saat kota yang berada di Italia utara itu kembali normal.

Sebelumnya, pemerintah Italia juga telah mengevakuasi 4.000 orang dari pusat Kota Bolzano untuk menjinakkan bom Perang Dunia II yang ditemukan pada akhir Oktober selama pekerjaan konstruksi. Kantor berita Ansa menyatakan bom itu dijinakkan dalam operasi selama tiga jam.

Menurut sejarawan Ettore Frangipane, Bolzano, di wilayah Alto-Adige utara yang berbatasan dengan Austria, permah mengalami 13 serangan bom besar yang merusak 60 persen kota dan menewaskan 200 orang. Wilayah itu adalah bagian dari wilayah luas Italia utara yang tetap berada di bawah pendudukan Nazi lama setelah Italia menyerah pada 1943. (ase)