BCA Akuisisi Rabobank Indonesia Rp397 Miliar

Menara Bank Central Asia (BCA), MH Thamrin
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA – PT Bank Central Asia Tbk menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat untuk membeli seluruh saham pada PT Bank Rabobank International Indonesia. BCA akan membeli 3,7 juta saham pada Rabobank Indonesia.

Penandatanganan perjanjian itu dilakukan pada Rabu 11 Desember 2019 oleh BCA dan anak perusahaan terkendali perseroan, PT BCA Finance dengan Cooperatieve Rabobank UA, PT Aditirta Suryasentosa, PT Antarindo Optima, PT Antariksabuana Citanagara, dan PT Mitra Usaha Kencana Sejati.

Berdasarkan keterbukaan informasi BCA yang dipublikasikan PT Bursa Efek Indonesia, dan ditandatangani Sekretaris Perusahaan BCA, Raymon Yonarto, disebutkan nilai perkiraan rencana transaksi adalah Rp397 miliar. Nilai tersebut akan dilakukan penyesuaian dengan memperhitungkan pendapatan atau kerugian Rabobank Indonesia pada saat tanggal penyelesaian rencana transaksi.

Tujuan rencana transaksi tersebut adalah untuk mendukung arsitektur perbankan Indonesia serta pengembangan usaha eksisting entitas anak perusahaan BCA. Perseroan akan mengkaji kemungkinan penggabungan atau merger antara bank yang akan diambil alih itu dengan entitas anak usaha BCA yang lain.

Setelah penyelesaian rencana transaksi, BCA secara langsung maupun tidak langsung memiliki seluruh saham Rabobank Indonesia. Rabobank Indonesia akan menjadi anak perusahaan terkendali perseroan.