Cara Pilih KPR yang Cocok dengan Kondisi Dompet

Ilustrasi perumahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) merupakan langkah yang biasa dilakukan saat ingin membeli sebuah hunian pribadi. Harga rumah memang cukup mahal di pasaran, sehingga membelinya secara tunai kerap sulit dilakukan.

KPR akan memudahkan proses pembelian rumah Anda, karena layanan yang satu ini memungkinkan untuk beli rumah dengan cara mencicil hingga belasan tahun ke depan. Anda hanya perlu menyiapkan uang muka dan mencari layanan KPR paling tepat.

Meski ada banyak produk KPR yang bisa Anda temukan di pasaran, sangat penting untuk memilih yang terbaik dan sesuai dengan kondisi keuangan. Pengajuan KPR ini akan menimbulkan sejumlah pengeluaran rutin baru di dalam keuangan Anda.

Sehingga sangat penting untuk direncanakan dengan baik sejak awal. Jangan sampai keinginan memiliki rumah pribadi justru berakhir dengan masalah keuangan, hanya karena Anda tidak memiliki KPR yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan secara keseluruhan.

Apakah Anda sedang mempersiapkan diri untuk membeli rumah? Begini lho, cara pilih KPR terbaik yang sesuai kondisi keuangan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Kumpulkan Informasi yang akurat

KPR menjadi salah satu produk perbankan yang paling banyak diminati, sehingga hampir semua bank menyediakan layanan yang satu ini. Namun sebagaimana produk lainnya, masing-masing bank tentu akan memiliki kebijakan tersendiri terkait dengan produk KPR yang mereka.

Meski ada banyak pilihan KPR yang bisa ditemukan di pasaran, penting bagi Anda untuk mempelajari produk tersebut secara detail dan mengenalnya lebih dalam. Kumpulkan informasi yang akurat terkait dengan produk KPR ini, termasuk informasi tentang bank yang menyediakan layanan tersebut.

Cermati reputasi bank tersebut di pasaran, sehingga Anda punya gambaran lebih jelas tentang kinerjanya. Pastikan bank pilihan Anda memang memiliki reputasi baik dan profesional, di mana mereka mampu memberikan kinerja prima kepada para pelanggannya. 

Bukan hanya itu saja, Anda juga wajib memastikan bahwa produk KPR di bank tersebut memang menguntungkan dan sesuai untuk keuangan Anda.

2. Lakukan simulasi kredit

Cicilan KPR akan menjadi pengeluaran tetap di dalam keuangan Anda. Tak hanya beberapa bulan ke depan, tanggungan ini bisa menjadi pengeluaran rutin selama belasan tahun ke depan.

Artinya, sangat penting memastikan bahwa jumlah cicilan ini tidak membebani keuangan atau bahkan menimbulkan masalah di kemudian hari. Penting untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cicilan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan keuangan. 

Lakukan simulasi kredit sebelum mengajukan KPR. Anda bisa melakukan hal ini sendiri atau dengan meminta bantuan kepada petugas bank. Lihat kemampuan keuangan Anda untuk menanggung cicilan, termasuk membayar sejumlah uang muka pengajuan KPR tersebut. 

Simulasi ini akan membantu Anda mendapatkan besaran cicilan yang paling tepat dan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Sehingga kelak pelunasan KPR ini bisa berjalan lancar dan tidak menimbulkan masalah di dalam keuangan.

3. Pahami jenis bunga KPR dan perhitungannya 

Bank biasanya menerapkan 2 jenis metode perhitungan bunga di dalam produk KPR, yakni: perhitungan bunga tetap (fix rate) yang memungkinkan Anda mendapatkan nilai bunga kredit yang sama sepanjang waktu, atau perhitungan bunga mengambang (floating rate) yang menyesuaikan suku bunga acuan dari Bank Indonesia (BI).

Di dalam prakteknya, kedua metode perhitungan ini biasanya akan dikombinasikan oleh pihak bank, sehingga penting bagi Anda untuk memahami perhitungannya dengan baik. 

4. Pilih jumlah cicilan yang tepat

Mengajukan KPR dengan waktu cicilan yang singkat mungkin akan tampak menarik, sebab Anda bisa menghindari jumlah bunga kredit yang semakin banyak. Namun di lain sisi, pilihan ini justru akan membawa Anda ke jumlah cicilan rutin yang besar setiap bulannya.

Bisa saja Anda memiliki kemampuan keuangan untuk mengatasi cicilan KPR yang besar untuk saat ini, namum bagaimana dengan beberapa tahun ke depan?

Sangat penting untuk mempertimbangkan kemampuan keuangan Anda dengan besaran cicilan KPR ini, mengingat Anda juga memiliki berbagai kebutuhan dan tujuan keuangan lainnya.

Pilih besaran cicilan yang tepat dan benar-benar sesuai dengan kemampuan keuangan Anda, sehingga berbagai kebutuhan Anda yang lainnya juga tetap terpenuhi dengan baik. Hal ini juga akan menghindarkan Anda dari resiko kredit macet di masa yang akan datang.

Pahami dan segera ajukan KPR Anda 

Berniat mengajukan KPR dan segera memiliki hunian pribadi, Anda tentu harus mempersiapkan keuangan untuk kebutuhan yang satu ini. Pahami berbagai hal penting di dalam pembelian KPR dan pilih produk KPR yang paling menguntungkan dari bank yang sudah terpercaya.

Mulai lakukan perhitungan dan segera ajukan KPR Anda, agar impian memiliki rumah baru bisa segera diwujudkan menjadi kenyataan.