Besok, Jokowi Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru

Monumen Soekarno-Hatta di Ibu Kota baru.
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meninjau lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur, Selasa 17 Desember 2019. Diketahui, ibu kota baru itu berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menuturkan, zonasi atau wilayah ibu kota baru sebetulnya sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Namun, saat ini masih berupa gambaran secara luas atau helicopter view.

"Dengan bapak presiden besok (peninjauan) jalan darat. kita ingin lihat suasananya, keadaannya kayak bagaimana," kata Suharso usai ratas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 16 Desember 2019.

Dia menjelaskan, ada beberapa zona yang akan dibangun di Ibu Kota baru mulai dari pemerintahan, riset, kesehatan hingga pendidikan. Kurang lebih, lanjut dia, sama seperti pembangunan kota biasa yang juga dilengkapi dengan pelayanan umum.

"Sebenarnya sama saja, pendidikan harus ada, mal juga mesti ada, orang berdagang juga tetap mesti ada. Seperti kehidupan biasa," ujarnya menambahkan.

Pemerintah juga akan mengundang perusahaan-perusahaan dari luar negeri hingga universitas yang ingin mengembangkan risetnya di Indonesia. Dia berharap, riset juga dilakukan di Ibu Kota baru, karena akan ada pusat riset tersendiri.

"Bukan hanya teaching-nya yang diekspor ke Indonesia, tapi juga yang paling penting juga adalah risetnya mereka. Jadi kalau risetnya mereka mau dimasukkan ke sini, dengan senang hati kita terima," kata dia. [mus]