Pejabat PLN Banten Komitmen Pakai Kendaraan Listrik

PLN Banten operasikan motor listrik.
Sumber :
  • Yandi D/VIVAnews.

VIVA – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten akan mengoperasikan 20 unit sepeda motor listrik untuk petugasnya dalam rangka libur Natal dan tahun baru (Nataru). Sepeda motor itu digunakan untuk memeriksa dan menangani gangguan kelistrikan yang ada di wilayah Banten.

"Dari PLN kami sudah berkomitmen menggunakan kendaraan listrik bagi operasional pejabat PLN," kata General Manager (GM) PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Doddy Pangaribuan di Kota Serang, Banten, Senin 23 Desember 2019.

Pengoperasian motor listrik ini, menurut Doddy, berdasarkan instruksi pemerintah dalam rangka mengganti kendaraan bertimbal dengan kendaraan listrik. Khususnya, untuk menghemat pengeluaran negara dan membersihkan udara.

Sepeda motor listrik itu mampu berjalan hingga kecepatan maksimal 100 kilometer per jam, dengan daya tempuh sejauh 200 kilometer dan lama pengisian baterai atau charger-nya lima jam.

"Kalau darurat setengah jam bisa mengisi sampai 80 persen. Sehari dua kali ngecas daya jelajahnya bisa sampai 400 kilometer. Bisa (menempuh) sampai 200 kilometer sekali pengisian dengan lamanya 5 jam," terangnya.

Untuk wilayah Banten, PLN memang belum membangun stasiun khusus charger kendaraan listrik. Namun, untuk sepeda motor, Doddy menjelaskan bisa mengisi daya baterainya di rumah maupun di kantor.

"Biayanya lebih hemat dibandingkan bensin. Bisa ngecas di rumah juga, di kantor-kantor juga bisa," ujarnya.