Ini Negara di Dunia yang Pertama Rayakan Pergantian Tahun Baru 2020

Pesta kembang api di malam tahun baru beberapa waktu lalu (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M N Kanwa

VIVA – Samoa dan Christmas Island di wilayah Kiribati menjadi negara pertama di dunia yang memasuki tahun baru 2020. Kedua negara kepulauan itu terletak tepat di bagian barat International Date Line di Samudra Pasifik, sehingga menjadikan negara tersebut merayakan pergantian tahun lebih dulu dibanding negara lain di dunia.

Negara kepulauan di Pasifik itu memiliki 3.200 atol karang yang tersebar di lebih dari tiga juta mil persegi luas wilayah. Memasuki tahun baru, Kiribati berada di garis depan 'pertempuran' melawan perubahan iklim, menghadapi kekeringan dan naiknya permukaan air laut.

Di Samoa, malam tahun baru lebih suram dari biasanya. Meski kembang api dinyalakan tengah malam dari Gunung Vaea yang menghadap ke ibu kota, Apia, akhir tahun 2019 adalah kesedihan dan kenangan. Hal ini sebab epidemi campak pada akhir 2019 ini telah merenggut 81 nyawa, sebagian besar di antaranya balita.

Dilansir dari Metro, selain kedua negara tersebut, Selandia Baru juga termasuk dalam negara yang merayakan tahun 2020 lebih awal. Selain itu disusul oleh sebagian besar negara di Australia, termasuk Sydney.

Australia juga tengah mengalami krisis setelah kebakaran hutan dalam beberapa minggu terakhir telah menewaskan 12 orang dan menghancurkan lebih dari 1.000 rumah.

Sementara itu pulau-pulau Amerika terluar di Pasifik Selatan, yang berada tepat di sebelah timur International Date Line, akan menjadi wilayah terakhir untuk menyambut tahun 2020 atau lebih dari 24 jam setelah Samoa.