Buka Akses Masyarakat, Kemenhub Bangun Tiga Bandara Baru di Banten

Menteri Perhubungan Budi Karya di Monas, Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Kementerian Perhubungan akan melakukan pengembangan transportasi di Provinsi Banten. Salah satunya adalah pembangunan bandara baru untuk menyangga bandara internasional Soekarno-Hatta.

Rencananya, bandara baru itu akan dibangun di kawasan Tenjo, Teluknaga, dan di Pandeglang. Hal itu untuk meningkatkan akses di provinsi paling barat Pulau Jawa ini.

"Itu akan kita kembangkan sebagai salah satu bandara penyangga Jakarta," kata Budi Karya di Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa 7 Januari 2020.

Menhub menjelaskan, kebutuhan mobilitas masyarakat akan semakin meningkat ke depannya. Menurutnya, hal yang lumrah juga jika di satu tempat terdapat lebih dari satu bandara.

"Kita harus siapkan bandara-bandara yang banyak sebagai satu alternatif. Kalau di negara-negara maju itu satu kota besar bandaranya bisa 5-6, ya jadi kita siapkan dari sekarang," ujar Budi Karya.

Mengenai kesiapan pembangunannya, saat ini menurutnya masih dalam tahap pengajuan proposal dari pihak pengembang. Pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menyiapkan lahannya.

"Sedangkan Pandeglang, minta kepada Kabupaten Pandeglang untuk menyiapkan tanah," kata Budi Karya.