Donald Trump Kirim Ucapan Ulang Tahun untuk Kim Jong Un

Pertemuan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un (kanan) dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (kiri) di Hanoi, Vietnam, 27 Februari 2019. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • twitter.com/@WhiteHouse

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengirimkan pesan ucapan ulang tahun kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Pesan tersebut dititipkan Trump dalam pertemuannya dengan Penasehat Keamanan Nasional Korea Selatan, Chung Eui Yong, untuk disampaikan ke Korea Utara.

"Hari kami bertemu adalah hari ulang tahun Kim Jong Un. Presiden Trump ingat ini dan meminta saya untuk menyampaikan pesan," kata Chung Eui Yong, seperti dilansir dari Sputniknews, Jumat 10 Januari 2020.

Trump adalah presiden AS pertama yang mengunjungi Korea Utara. Kunjungan ini dalam upayanya untuk meningkatkan hubungan dengan negara tersebut dan menyelesaikan krisis nuklir. Trump berhasil menjalin hubungan persahabatan dengan pemimpin Korea Utara, bahkan disebut sebagai 'bromance'

Kim Jong Un dan Trump berhasil menjalin hubungan persahabatan pada tahun 2018, setelah sebelumnya saling melontarkan pernyataan agresif. Trump menjadi presiden AS yang pertama kali menginjakkan kaki di tanah Korea Utara.

Hubungan yang membaik antara kedua negara juga menghasilkan keputusan, di mana Korea Utara memutuskan untuk mengeluarkan moratorium uji coba rudal balistik nuklir dan antarbenua. Korut juga berjanji mengejar denuklirisasi. 

Laporan Sputniknews juga menyampaikan, hubungan 'bromance' antara kedua pemimpin mungkin sudah berakhir. Hal ini ketika Kim Jong Un bersumpah untuk melanjutkan uji coba rudal dan bahkan mengancam akan mengirimkan 'hadiah Natal' untuk Amerika.

Namun, meskipun masih ada ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara, Presiden Trump mengatakan dia percaya bahwa Kim Jong Un akan menghormati komitmennya terhadap denuklirisasi.