Mundur, Pangeran Harry Lepas Jabatan Captain General of Royal Marines

Pangeran Harry dan Meghan Markle.
Sumber :
  • Instagram @sussexroyal

VIVA – Pangeran Harry akan melepaskan semua gelar militernya, setelah dia dan istrinya Meghan Markle memutuskan untuk mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris.

Harry yang dikenal sebagai Duke of Sussex, akan kehilangan posisinya sebagai Captain General of Royal Marines, Komandan Udara Kehormatan Royal Air Force Honington dan Commodore-in-Chief of Small Ships and Diving.

Setelah menghabiskan waktu selama 10 tahun di pasukan militer, Harry menyatakan, pengalaman itu akan tetap ia kenang selama sisa hidupnya. Dia juga berjanji, untuk selalu menjaga hubungan baik dengan sesama prajurit militer.

Diberitakan Metro, Senin 20 Januari 2020, sebagai seorang anak, sejak kecil kamar Harry telah dipenuhi dengan gambar tank dan helikopter. Sementara itu, saat berkunjung ke Jerman pada 1993, ia difoto sambil tersenyum ketika mengenakan pakaian tempur dan naik tank.

Dia juga menciptakan Invictus Games, kompetisi multi-olahraga internasional untuk prajurit pria dan wanita yang sakit, cedera, dan terluka pada 2014. Diyakini bahwa Harry akan terus bekerja di Invictus Games, meski mundur dari Keluarga Kerajaan.

Namun, sang Ratu adalah Kepala Angkatan Bersenjata. Sehingga, penunjukkan militer merupakan bagian dari tugas resmi, yang berarti Harry tidak dapat melanjutkannya saat mundur dari monarki. Harry mengambil alih dari kakeknya, Duke of Edinburgh, sebagai Captain General of Royal Marines pada 2017.

Sebelumnya, Harry dan Meghan juga akan menyerahkan gelar keluarga kerajaan. Pasangan terpopuler di dunia yang dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex itu tak akan menerima kembali dana publik.

Setiap tahunnya, keluarga kerajaan menerima bagian dana dari Departemen Keuangan. Dilansir The Guardian, Minggu 19 Januari 2020, Harry dan Meghan akan mengembalikan £2,4 juta atau sekitar US$3,1 juta uang pajak yang dipakai untuk renovasi rumah di area kastil Windsor.

Ratu Elizabeth II dalam pernyataan resmi menyatakan, langkah Harry dan Meghan sebagai cara membangun kehidupan baru yang bahagia dan damai. Ia sangat bangga dengan proses Meghan yang cepat menjadi salah satu anggota keluarga kerajaan. (asp)