Labuan Bajo Akan Jadi Tuan Rumah G-20 dan ASEAN Summit di 2023

Presiden Jokowi kunjungi Labuan Bajo, NTT, Rabu, 10 Juli 2019.
Sumber :
  • tvOne/ Jo Kenaru (Manggarai, NTT)

VIVA – Demi mengembangkan Labuan Bajo sebagai destinasi andalan internasional, berbagai forum internasional akan digelar di sana. 

Itu dikatakan Presiden Joko Widodo, usai menggelar rapat internal mengenai "Pengembangan Destinasi Pariwisata Labuan Bajo", di Hotel Plataran Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin, 20 Januari 2020.

"Yang paling penting juga bahwa kita ingin mempersiapkan Labuan Bajo ini untuk G20 di 2023 dan ASEAN Summit di 2023. Sehingga dalam rangka persiapan ke sana pun ini mulai direncanakan, disiapkan mulai dari sekarang," jelas Presiden Jokowi, dalam keterangan persnya.

Jokowi mengajak sejumlah menteri, seperti Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Menteri BUMN, Erick Thohir, hingga Mensesneg Pratikno. Hadir juga Gubernur NTT Victor Laiskodat, Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo dan dari Basarnas. 

Kepala Negara mengatakan, mewujudkan Labuan Bajo menjadi destinasi premium menjadi tugas besar pemerintah. Mulai 2020 dan akhir tahun ini juga, infrastruktur pendukung seperti bandara sudah mulai diperluas.

Kebersihan hingga ketersediaan air baku, kata Jokowi, juga dibahas dan dipersiapkan oleh pemerintah untuk mewujudkan keinginan itu. 

"Akhir tahun nanti itu semuanya selesai tinggal masuk ke promosi. Langkah-langkah itu kita lakukan, memperbaiki produk secara total, nanti baru masuk ke promosi," kata Jokowi.