Jokowi Sambangi Puncak Waringin sebagai Creative Hub di Labuan Bajo

Presiden Joko Widodo saat meninjau Puncak Waringin, Labuan Bajo.
Sumber :
  • VIVAnews/Dusep Malik

VIVA – Presiden Joko Widodo terus berupaya mendorong pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN prioritas Labuan Bajo. Salah satunya adalah dengan membangun creative hub atau pusat kreativitas di kawasan Puncak Waringin.

Kawasan Puncak Waringin saat ini sedang dalam proses pembangunan yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Proyek dengan nilai sekitar Rp30 miliar tersebut masuk dalam pembangunan tahap II yang direncanakan selesai pada akhir 2020.

Menurut Jokowi, Puncak Waringin ini akan jadi pusat kreatif masyarakat di Labuan Bajo, yang nantinya akan menyajikan hasil kreativitas dari Usaha Kecil Menengah (UKM) di sekitar Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Saya kira semuanya masih dalam progres yang tepat waktu. Ini juga nanti Waringin ini akan jadi creative hub di mana UKM akan disajikan di sini," ujar Jokowi, di Kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT, Senin 20 Januari 2020.

Tak hanya itu, Jokowi menuturkan, selain pengembangan infrastruktur penunjang pariwisata, pihaknya juga akan menyiapkan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pariwisata di kawasan ini.

"Akan ada training-training yang berkaitan dengan pariwisata, dengan usaha kecil, usaha mikro, dan dalam semua hal memang harus kita injeksi. Kita berikan training agar packging, brand setiap produk naik," tutur Presiden.

Adapun bentuk bangunan Puncak Waringin yang ditinjau Jokowi, nantinya adalah menyerupai rumah adat dari Desa Way Rebo, NTT. Bangunan ini nantinya akan menjadi pusat industri kreatif di Labuan Bajo.