Bos Airnav Resmi Jadi Dirjen Perhubungan Udara

Eks Dirut Airnav jabat Direktur Jenderal Perhubungan Udara
Sumber :
  • Kemenhub

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melantik tujuh pejabat Pimpinan Tinggi Madya atau Pejabat Eselon I di lingkungan Kementerian Perhubungan, Selasa 28 Januari 2020.

Salah satunya adalah Novie Riyanto, Direktur Utama Airnav Indonesia, yang kini dipercaya menjabat sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Udara. Novie menggantikan Polana B Pramesti yang saat ini dipercaya sebagai Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Budi mengatakan, pelantikan para pejabat tinggi madya ini merupakan penyegaran dalam organisasi di lingkungan Kementerian Perhubungan. Pemikiran yang segar, out of the box, dan pemikiran untuk memberi kesejahteraan yang lebih besar untuk rakyat dinilainya sangat dibutuhkan.

“Sesuai visi dan misi Presiden RI, Kementerian Perhubungan memiliki amanah untuk membangun infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia. Konektivitas yang mempersatukan bangsa dan upaya kita semua ditunggu oleh masyarakat dari Aceh hingga Papua, dari Rote hingga Miangas,”ujar Budi dikutip dalam keterangannya, Jakarta, Selasa 28 Januari 2020.

Ia pun menekankan kepada para pejabat yang baru dilantik agar meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang berada di bawah tanggung jawabnya. Hal ini sejalan dengan visi misi Presiden.

Budi juga menekankan agar para pejabat yang baru dilantik tetap memperhatikan aspek keselamatan dalam penyelenggaraan transportasi.

“Oleh karenanya kita harus memikirkan apa yang menjadi tugas kita sebagai abdi negara untuk terus mencari referensi, mengeksekusi,dan melakukan pemeriksaan dengan baik. Tugas kita tidak ringan dan masyarakat luas menunggu aspek keselamatan transportasi ditingkatkan,” tutur Budi.

Dengan demikian Berikut daftar pimpinan tinggi madya yang dilantik Menteri Perhubungan :
1. I Gede Pasek Suardika sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Jabatan sebelumnya sebagai Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Perhubungan).

2. Novie Riyanto sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Jabatan sebelumnya Direktur Utama Airnav Indonesia).

3. Sugihardjo sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (Jabatan sebelumnya sebagai Kepala Badan Pengembangan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan).

4. Umiyatun Hayati Triastuti sebagai Kepala Badan Pengembangan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Jabatan sebelumnya sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan).

5. Polana B. Pramesti sebagai Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi atau BPTJ (Jabatan sebelumnya Direktur Jenderal Perhubungan Udara).

6. Bambang Prihartono sebagai Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Perhubungan (Jabatan sebelumnya sebagai Kepala BPTJ).

7. Pramintohadi Sukarno sebagai Staf Ahli Bidang Teknologi, Lingkungan, dan Energi Perhubungan (Jabatan sebelumnya Direktur Bandar Udara, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara). (jhd)