Disindir Jokowi Tak Datang ke Perayaan Imlek, Begini Jawaban Ahok 

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok jadi Komisaris Utama Pertamina
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hiro

VIVA – Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahja Purnama atau yang kerap disapa Ahok, menjelaskan alasannya tidak datang saat perayaan imlek nasional yang di hadiri Presiden Joko Widodo. Bahkan, Jokowi kala itu menyindir ketidakdatangannya.

Ahok menjelaskan, dia tidak sempat datang ke acara tersebut karena perayaan tersebut bertepatan dengan rapat mingguan jajaran komisaris dan direksi Pertamina. Sebab, lanjut dia, rapat tersebut memang dilaksanakan setiap minggunya pada Kamis.

"Saya kan setiap Kamis ada rapat dewan komisaris dan dewan direksi," tutur dia saat ditemui di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi di Jakarta, Jumat 31 Januari 2020.

Dia mengaku, terlebih rapat itu digelar rutin memang setiap Kamis pukul 09.00 WIB. Sehingga, dikatakannya, kondisi itu tidak memungkinkannya untuk menghadiri acara Imlek Nasional yang digelar pada Kamis, 30 Januari 2020.

"Ya enggak mungkin pergilah, Kamis hari kerja jam sembilan," tegas dia.

Hubungan antara Presiden Joko Widodo dan Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purmana atau Ahok memang sangat dekat. Dahulu keduanya adalah pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. 

Setelah Ahok keluar dari penjara, Jokowi bahkan memberikan kepercayaan untuknya menjabat pejabat penting di perusahaan pelat merah itu.

Namun, kedekatan itu “tak tampak” di acara perayaan Imlek Nasional. Jokowi bahkan menyindir Ahok yang tidak menghadiri acara itu. Padahal, ada anak perempuan Ahok yang mengisi orkestra di acara itu.

"Tadi saya tanya enggak datang. Setelah jadi Komisaris Utama Pertamina kok enggak datang," sindir Jokowi yang disambut tawa peserta, Kamis, 30 Januari 2020. (ren)