Kemenhub Hentikan Seluruh Penerbangan RI-China Mulai 5 Februari 2020

Menhub umumkan penghentian sementara penerbangan RI-China
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVAnews

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk menghentikan atau menunda sementara seluruh penerbangan Indonesia dari dan ke China. 

Budi menegaskan, penerapan hal tersebut akan dilaksanakan pada Rabu 5 Februari 2020, mulai pukul 00.00 WIB hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Saya dapat perintah, penerbangan dari dan ke China ditunda mulai Rabu pukul 00.00 WIB dan dilakukan dengan waktu yang belum ditetapkan," kata Budi Karya di kantornya, Jakarta, Senin 3 Februari 2020.

Alasan pengambilan keputusan tersebut mempertimbangkan penanggulangan dan pencegahan virus Corona masuk ke Indonesia. Budi mengatakan pihaknya  koordinasi bersama terkait dengan instansi atau lembaga terkait yang dipimpin oleh Kemenkes dan Kemenparekraf.

Sementara dalam hal menentukan bagaimana tingkat bahaya sebuah virus Corona, lanjut Budi, pihaknya telah sepakat untuk mengacu pada sejumlah ketentuan dan petunjuk penanganan dari World Health Organization (WHO).

"Sehingga, saya mengeluarkan rekomendasi, maka kami melaporkan kepada presiden dan kemarin diputuskan agar tidak dilaksanakan penerbangan dari dan ke China," ujar Budi Karya.

Selain itu, lanjut Budi Karya, dalam dua sampai tiga hari mendatang, Kemenhub bersama sejumlah kementerian dan lembaga terkait akan menggelar rapat guna membahas hal-hal yang berkaitan dengan dampak ekonomi atas kebijakan penundaan penerbangan dari dan ke China tersebut.

"Oleh karenanya, saya menugaskan Dirjen Perhubungan Udara dan Dirjen Perhubungan Laut, untuk membatasi (transportasi dari dan ke China). Kami akan laporkan dalam suatu ratas (rapat terbatas), dan kita akan bahas bagaimana upaya kita," kata Budi.