Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Intip 'Gurita Bisnis' Budi Hartono Orang Terkaya Nomor 1 RI

Rabu, 5 Februari 2020 | 09:14 WIB
Oleh :
Foto :
  • Forbes
Orang terkaya nomor 1 di RI, Robert Budi Hartono

VIVA – Robert Budi Hartono, bukan lagi nama asing di telinga masyarakat. Nama ini bercokol sebagai orang terkaya nomor satu di Indonesia, selama 11 tahun berturut-turut hingga saat ini.

Dikutip dari laman Forbes, Rabu 5 Februari 2020, pria berusia 79 tahun ini masih mengantongi kekayaan senilai US$19,7 miliar atau setara Rp269,6 triliun (kurs rupiah Rp13.687 per dolar AS). Terakhir, dia juga masih dinobatkan sebagai orang terkaya nomor satu oleh majalah Forbes pada Desember 2019.

Baca Juga

Jika kekayaannya digabung dengan saudaranya, Michael Bambang Hartono, harta mereka mencapai US$37,3 miliar atau Rp510 triliun (jika mengikuti kurs rupiah saat ini, Rp13.687 per dolar AS). Ini merupakan data terakhir kekayaan mereka per 2 Desember 2019.

Lantas, apa yang membuat Budi selalu jadi juara bertahan di puncak jajaran orang kaya Indonesia? Ini ulasan singkat, 'gurita bisnis' Budi Hartono yang dirangkum VIVAnews:

1. Bisnis Rokok

Pria kelahiran Semarang, 28 April 1940 ini  merupakan anak dari pendiri perusahaan rokok PT Djarum, Oei Wie Gwan. Dia masih meneruskan bisnis ini bersama saudaranya, Bambang Hartono.

Dari bisnis ini, mereka melebarkan sayapnya ke sektor lain. Diketahui, PT Djarum sebagai induk usaha mereka pun memilih untuk tidak melantai di pasar modal.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler