Bandara Kualanamu Jadi Internasional Hub, AP II Cari Mitra Strategis

Bandara Internasional Kualanamu
Sumber :
  • Angkasa Pura II

VIVA – Tahun ini, PT Angkasa Pura II akan mengubah Bandara Internasional Kualanamu, Medan menjadi bandar udara dengan konsep International Hub. Proses perubahannya, PT Angkasa Pura II bakal menjalin kerja sama dengan para mitra strategis.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan penyaringan pada mitra strategis yang nantinya, akan bergabung untuk membangun bandar udara tersebut.

"Ada 39 mitra yang sudah memasukkan proposal kepada kita, saat ini masih kita lakukan proses pengecekan. Hal itu kita lakukan, karena mitra yang kita cari harus punya kapabilitas dalam meningkatkan angka traffic khususnya penerbangan luar negeri," katanya di APSpace Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang, Senin, 10 Februari 2020.

Dalam proses perubahan itu, pengelola bandara dan para mitra nantinya akan melakukan pelebaran pada fasilitas yang ada, khususnya di sisi darat yakni pada gedung terminal. Di mana, kapasitasnya masih sekitar 8-9 juta penumpang.

"Lebih utama kita akan tambah atau perluas fasilitas gedung terminal yang nantinya memiliki kapasitas sekitar 16 sampai 19 juta penumpang dan lahannya pun sudah siap. Di mana, dari 1.400 hektare baru dipakai sekitar 700 hektare saja. Perluasan fasilitas pun, kita lakukan juga untuk menggenjot traffic khususnya, di penerbangan internasional," ujarnya.

Dalam menjalin kerja sama dengan mitra ini, para mitra pun nantinya dapat kepemilikkan maksimal 49 persen dan Angkasa Pura mendapatkan 51 persen. Cara menjalin kemitraan strategis ini juga merupakan upaya agar pembangunan bandar udara tidak melulu didukung oleh dan BUMN.

Ia juga menuturkan, dengan konsep bandar udara kualanamu menjadi the first international hub, maka Bandara Soekarno-Hatta yang tadinya merupakan the first international hub, nantinya bisa fokus di penerbangan domestik dan menjadi the first domestic hub.

"Saat ini kan Kualanamu masih jadi the second international hub, tapi dengan adanya rencana ini kita harap, kualanamu bisa jadi the first nya dan Bandara Soetta bisa jadi the first domestic, itu sangat kita harapkan," ungkapnya.