Bandara Kualanamu Jadi International Hub, AP II Siapkan Promo

Kereta Api Bandara Medan-Kualanamu, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVAnews/Putra Nasution

VIVA – Selain menggandeng sejumlah mitra, PT Angkasa Pura II juga mempunyai strategi sendiri dalam mewujudkan konsep International Hub atau pusat bandara internasional di Bandar Udara Kualanamu, Medan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin mengatakan, terdapat dua cara untuk menarik daya tarik ke Bandar Udara Kualanamu, yakni dengan pemberian intensif bagi maskapai dan juga penumpang.

"Kalau mau jadi international hub, rasio internasional dan domestiknya harus 40:65, kalau sekarang kan masih 15:85 dan itu masih kurang. Makanya, selain membangun kerja sama dengan mitra di sisi pembangunan, kita juga bangun strategi sendiri," katanya di APSpace Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin, 10 Februari 2020.

Strategi itu dengan cara marketing intensif dan operasional intensif. Di mana, untuk marketing tentunya dengan pemberian promo penerbangan ke luar negeri, tapi kalau operasional dengan cara membebaskan biaya parkir dan pendaratan.

"Jadi nantinya, bila semua rencana terlaksana dengan lancar, baik itu dari sisi kerja sama mitra ataupun pemberian intensif, maka rasio Bandar Udara Kualanamu di penerbangan internasionalnya bisa meningkat, khususnya untuk penerbangan internasional di luar Asia," ujarnya.

Nantinya, Bandar Udara Kualanamu menjadi the first international hub dan Bandara Soekarno-Hatta yang tadinya merupakan the first international hub, nantinya bisa fokus di penerbangan domestik dan menjadi the first domestic hub.