Claus Wamafma, Putra Papua Pertama yang Jabat Direktur Freeport

Tambang Grasberg Freeport Indonesia di Papua.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN telah menetapkan Claus Wamafma sebagai Direktur PT Freeport Indonesia. Penetapan ini sebenarnya telah dilakukan di Kantor Kementerian BUMN, pada 7 Februari 2020 lalu.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, Claus tercatat menjadi orang Papua pertama yang menduduki posisi direktur di Freeport. 

"Claus itu dia putra Papua sudah berkarir di Freeport selama 20 tahun, dan menjadi direktur mewakili MIND ID," kata Arya, dikutip Selasa 18 Februari 2020.

Claus sebelumnya diketahui pernah menjabat sebagai Senior Vice President yang membawahi CSR, partnership fund, dan community development. Arya mengatakan, penunjukan Claus ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan.

"Dia sebagai direktur dari orang Papua asli, yang berkarir dari bawah. Ini baru pertama kali ada direktur dari Papua," ujar Arya.

Arya mengatakan, Claus yang merupakan lulusan ITB memiliki kemampuan teknikal yang mumpuni dalam menduduki posisi direktur di Freeport. Penunjukan Claus ini menjadi bukti komitmen pemerintah, dalam memberikan porsi yang tinggi bagi masyarakat Papua di Freeport.

"Dari 7.096 pegawai di Freeport, sebanyak 2.890 atau 40,7 persen di antaranya ialah orang Papua, dan 57,2 persen pegawai non-Papua, serta 2,1 persen merupakan ekspatriat," kata Arya.

Arya menyebut, sejumlah pergantian direksi atau komisaris dilakukan di tubuh Freeport, guna mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh sejumlah direksi dan komisaris. Misalnya, Amin Sunaryadi dan Budi Gunadi Sadikin yang tak lagi menjabat Wakil Komisaris Utama dan Komisaris di Freeport, lantaran telah menjadi Komisaris Utama PLN dan Wakil Menteri BUMN. 

"Amin digantikan Orias Petrus Moedak yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Freeport. Sementara Budi Gunadi Sadikin digantikan mantan Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir," kata Arya.

"Sementara Direktur Freeport, Jenpino Ngabdi, menggantikan posisi yang ditinggalkan Orias Petrus Moedak sebagai Wakil Direktur Utama Freeport," tambahnya.

Dengan demikian, berikut daftar jajaran pimpinan baru di PT Freeport Indonesia:

Direksi:

Presiden Direktur        : Clayton Allen Wenas
Wakil Presiden Direktur    : Jenpino Ngabdi
Direktur            : Achmad Ardianto
Direktur            : Claus Wamafma
Direktur            : Mark Jerome Johnson
Direktur            : Robert Charles Schroeder

Dewan Komisaris:

Presiden Komisaris: Richard C. Adkerson
Wakil Presiden Komisaris: Orias Petrus Moedak
Komisaris: Adrianto Machribie
Komisaris: A.M. Fachir
Komisaris: Hinsa Siburian
Komisaris: Kathleen Lynne Quirk