Bank Mandiri Gandeng Bukalapak dan Pinhome, Salurkan KPR Lewat Digital

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Hery Gunardi
Sumber :
  • Arrijal Rachman/VIVAnews

VIVA – Bank Mandiri menggandeng penyedia layanan perdagangan secara elektronik, yakni Bukalapak dan startup properti, Pinhome.id dalam penyediaan layanan digital pemasaran dan pembiayaan properti. Dengan kerja sama ini, diharapkan pemenuhan kebutuhan rumah bisa cepat tersedia di Indonesia.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Hery Gunardi mengatakan, layanan itu nantinya akan melalui menu BukaRumah yang ada di situs Bukalapak. Melalui menu itu, Bank Mandiri akan menawarkan stok properti di seluruh Indonesia yang berasal dari developer rekanan kepada pengguna Bukalapak.

Secara periodik, kata Hery, stok rumah akan diperbarui oleh Pinhome.id dengan menambah daftar properti yang ditawarkan. Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh kejelasan progres pengajuan kredit yang juga diperbarui secara berkala di platform Bukalapak.

"Platform ini menurut saya, customer base Bukalapak kan 70 juta, aktif 20 sampai 30 persen. Ini menurut saya dengan kerja sama sangat baik, sebetulnya KPR ini bisa menjadi pemenuhan kebutuhan rumah," tuturnya di Menara Mandiri, Jakarta, Kamis 27 Februari 2020.

Saat ini, proses pengembangan menu BukaRumah di platform Bukalapak itu telah berada pada tahap finalisasi dan akan dapat dinikmati secara luas pada Kuartal II 2020. Setelah itu, masyarakat dapat langsung mengajukan aplikasi atas aset properti yang diinginkan pada menu yang sama agar dapat segera diproses. 

"Jadi mudah-mudahan kerja sama baik ini bisa jadi channel menumbuhkan KPR ke depan. Dengan kita bisa menyalurkan KPR tidak hanya segmen atas, tengah dan bawah tapi juga yang backlog," paparnya.

Hery berharap, kerja sama ini akan dapat meningkatkan transaksi kredit kepemilikan properti Bank Mandiri di atas 8 persen pada akhir tahun ini setelah mencatat kenaikan 2,8 persen pada akhir tahun lalu menjadi Rp44,3 triliun.