Pemerintah Akan Batasi Penerbangan dari Korea, Jepang, Italia dan Iran

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVAnews/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Pemerintah mempertimbangkan pembatasan penerbangan ke atau pun dari sejumlah negara. Hal itu menyusul ditemukannya kasus dua warga Indonesia positif virus Corona karena disebut tertular dari warga negara Jepang.

"Ada 4 negara. Tapi masih kemungkinan. Empat negara tersebut Korea, Jepang, Italia sama Iran,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 3 Maret 2020.

Baca juga: 8 Orang Dirawat di RSPI Sulianti: 2 Positif Corona, 6 Masih Pengawasan

Saat ini, pemerintah Indonesia telah menutup penerbangan ke atau menuju China. Menurut Budi, rencana itu masih dibahas lebih lanjut oleh tingkat Menteri Koordinator. Ada berbagai pertimbangan langkah itu diambil sebelum benar - benar berlaku.

"Sampai saat ini belum ada pembatasan," ujar mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu.

Pemerintah Indonesia diketahui telah melakukan penutupan sementara penerbangan dari dan ke China karena wabah virus Corona. Menurut Budi, pelarangan penerbangan dari dan ke Indonesia merujuk pada kebijakan yang dikeluarkan World Health Organization (WHO) dan rekomendasi Kementerian Kesehatan.

"Jadi kita baru mem-banned China ya. Memang ada diskusi tentang negara-negara lain, tapi kita tidak akan melakukan itu," kata Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis 27 Februari 2020.