Sebelum Mulai Usaha Musiman, Ketahui Hal Ini Dulu

Ilustrasi Penjual takjil
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Bisnis musiman masih sangat banyak diminati hingga saat ini. Bulan Ramadan, hari kemerdekaan, Natal, hingga tahun baru, dan lainnya menjadi salah satu momen di mana bisnis musiman ini begitu mudah ditemukan, bahkan di hampir semua wilayah Indonesia.

Perubahan perilaku konsumen dan kebutuhan mereka dalam beberapa waktu tertentu, menjadi alasan mengapa bisnis musiman bisa ditemukan hingga saat ini. Meski hanya sesaat saja, bisnis musiman tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi para pebisnis yang telah sering melakoninya atau bahkan pebisnis baru sekalipun.

Jika Anda tertarik untuk menekuni bisnis musiman ini, pastikan Anda memahami seluk-beluknya terlebih dahulu. Sebagaimana jenis bisnis lainnya, bisnis musiman ini juga tentu memiliki sisi negatif dan juga positif.

Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan semua hal tersebut dengan tepat, agar tujuan Anda dalam menjalankan bisnis bisa tercapai dengan baik. Bagaimanapun juga, Anda tentu mengharapkan keuntungan yang maksimal dari bisnis yang Anda jalankan, bukan?

Jika Anda tertarik menjalani bisnis musiman, berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan yakni kelebihan dan kekurangannya seperti dikutip dari Cermati.com.

Kelebihan Bisnis Musiman

Merencanakan bisnis dengan matang adalah hal yang penting dan wajib dilakukan, termasuk dalam bisnis musiman. Bisnis yang satu ini memang memiliki kelebihan tersendiri, jika dibandingkan dengan bisnis lainnya yang dijalankan sepanjang tahun.

Selain itu, bisnis musiman termasuk bisnis yang unik dan akan memiliki pasar tersendiri. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan bisnis musiman:

1. Peluang pasar yang luas

Hanya hadir dalam masa-masa tertentu, bisnis musiman ini termasuk salah satu yang paling ditunggu. Bisnis musiman biasanya akan memiliki konsumen tersendiri yang secara konsisten tetap setia, meskipun bisnis ini hanya dijalankan dalam waktu yang singkat seperti di bulan puasa saja.

Hal ini juga diimbangi dengan produk yang dijual, di mana pada umumnya produk-produk ini juga hanya hadir dalam musim-musim tertentu saja dan bukan produk yang mudah ditemukan di hari-hari biasa.

Selain itu, permintaan pasar di musim-musim tertentu memang begitu tinggi dan bisnis musiman akan mencoba memenuhi semua kebutuhan tersebut. Hal ini membuat prospek bisnis musiman memang begitu cerah dan menjanjikan, sebab memiliki pasar yang luas. Jika bisa memenuhi kebutuhan pasar yang tinggi seperti ini, keuntungan yang besar juga tentu akan lebih mudah untuk didapatkan.

2. Ketersediaan bahan baku yang cukup banyak

Bukan hanya pebisnisnya saja, penyedia bahan baku juga akan selalu menunggu momen bisnis musiman sebagai peluang yang sangat menjanjikan.

Para supplier ini, biasanya sudah akan membuat persediaan bahan baku sejak jauh-jauh hari, mengingat permintaan akan bahan baku ini, tentu akan meningkat dengan tajam di musim-musim tertentu.

Hal ini akan memberi dampak positif bagi pebisnis musiman, di mana berbagai bahan baku bisa ditemukan dengan lebih mudah dan bahkan dengan harga yang lebih murah.

3. Lokasi bisnis yang fleksibel

Bisnis musiman memungkinkan Anda memilih lokasi dengan lebih mudah, tergantung pada kondisi pasar yang Anda tuju. Anda tidak perlu memikirkan lokasi bisnis dengan sewa tahunan yang mahal, sebab bisnis musiman biasanya hanya akan berlangsung beberapa waktu tertentu saja dan akan segera berakhir.

Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan berbagai peralatan yang sederhana saja atau bahkan dengan menggunakan mobil Anda sebagai “kios” untuk memasarkan produk Anda. Selain praktis, ini juga akan menghemat biaya bisnis.

Kekurangan Bisnis Musiman

Sebagaimana bisnis lainnya, bisnis musiman juga tentu akan memiliki sejumlah kekurangan. Penting bagi Anda untuk memahami hal ini dengan baik, terutama jika ini akan menjadi bisnis musiman pertama yang Anda jalankan. Berikut ini, adalah beberapa kekurangan yang akan Anda temukan di dalam bisnis musiman:

1. Tingkat persaingan yang ketat

Meski hanya singkat saja, bisnis musiman ini juga sangat banyak peminatnya. Anda akan menemui tingkat persaingan yang tinggi di dalam bisnis musiman, terutama jika Anda memilih lokasi bisnis yang strategis dengan potensi penjualan yang tinggi. Biasanya, produk yang dijual juga akan sejenis atau setidaknya sangat mirip antara satu dengan yang lainnya.

2. Hanya berlangsung singkat

Bisnis musiman hanya muncul dalam waktu-waktu tertentu saja dan tidak akan berlangsung lama. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri, terutama jika Anda akan memilih produk-produk tertentu yang hanya laku dijual di musim tertentu saja, misalnya: kue-kue lebaran, baju lebaran, dan yang lainnya.

3. Masa promosi yang terbatas

Singkatnya waktu untuk menjalankan bisnis musiman, juga akan berdampak pada minimnya promosi yang bisa Anda lakukan. Anda tidak akan memiliki waktu yang panjang untuk mempromosikan bisnis Anda, dan ini tentu bisa berdampak pada tingkat penjualan Anda yang tidak bisa maksimal.

4. Kemungkinan Penurunan omzet yang tajam

Sesaat setelah musimnya berlalu, maka bisnis musiman biasanya akan segera sepi pembeli. Hal ini akan berdampak pada penurunan omset penjualan Anda, bahkan bisa saja menjadi jauh lebih kecil dari sebelumnya.

Pertimbangkan dan Rencanakan dengan Matang

Menjalankan bisnis musiman bisa menjadi pertimbangan, terutama jika Anda melihat peluang bisnis yang menjanjikan di bidang ini. Namun, sebagaimana bisnis lainnya, pastikan Anda memiliki pertimbangan yang tepat sebelum akhirnya menjalankannya. Rencanakan dengan matang bisnis musiman Anda, agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis tersebut.