Bank Mandiri Usung Kantor Cabang Kekinian, Siapa yang Disasar

Kantor cabang khusus (hype branch) Bank Mandiri
Sumber :
  • Bank Mandiri

VIVA – PT Bank Mandiri Tbk memperkenalkan cabang khusus bernuansa digital atau hype branch, hari ini, Rabu 11 Maret 2020. Kantor berkonsep modern yang dibuka seiring maraknya pemanfaatan teknologi digital di berbagai aspek kehidupan itu di antaranya akan menyasar kaum milenial.

Saat ini, Bank Mandiri terus berinovasi bisnis untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan. Upaya itu sebagai bentuk antisipasi atas perkembangan terkini. 

Kantor yang berlokasi di Ground Floor Mal Senayan City, Jalan Asia Afrika Lot. 19 pada Rabu 11 Maret 2020 itu merupakan re-layout cabang eksisting itu merupakan wujud nyata penyesuaian tampilan fisik cabang yang mengusung konsep ‘kekinian’. Upaya itu guna meningkatkan customer experience di ruang kantor yang lebih modern dan berorientasi pada edukasi digital.

Menurut Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Hery Gunardi, ekspektasi nasabah saat ini terbentuk dari apa yang dinamakan global trends, teknologi baru, dan inovasi-inovasi penawaran produk serta layanan kepada nasabah. Kondisi tersebut memengaruhi bagaimana nasabah menentukan pilihan, termasuk produk dan layanan perbankan serta layanan finansial lainnya.

“Inovasi tidak berhenti sampai di sini, dengan kemajuan teknologi sekarang, nasabah dapat mendapatkan informasi mengenai perbankan di mana pun, kapan pun, dan dari siapa pun," ujar Hery saat meresmikan pengoperasian Hype Branch KCP Jakarta Senayan City dikutip dari keterangan tertulis Bank Mandiri.

Untuk itu, Bank Mandiri harus terus berinovasi dan berkreasi guna mengembangkan produk serta layanan yang sesuai dengan kemajuan teknologi dan preferensi generasi saat ini. Baik itu melalui studi kasus maupun metode distribusi yang dikembangkan secara lebih efisien. 

Hype Branch KCP Jakarta Senayan City dibangun di Lower Ground Floor yang merupakan area khusus food and beverages serta merupakan pengembangan dari konsep kantor cabang Bank Mandiri yang telah beroperasi sebelumnya. Hype Branch Jakarta Senayan City menempati area seluas 346,8 m2 yang terdiri atas Area Cabang (banking hall dan backoffice) seluas 220,8 m2, area cafe bar dan dining area seluas 126 m2. 

Adapun target market yang ingin disasar dengan konsep Hype Branch KCP Jakarta Senayan City adalah milenial dengan usia antara 25-35 tahun, kaum urban yang well educated, serta technology savvy.

"Melalui hype branch ini, kami ingin memberikan pengalaman unik bertransaksi digital ala Mandiri," tuturnya. 

Harapannya, keberadaan cabang ini tidak hanya dapat dinikmati nasabah, namun juga pengunjung Mal Senayan City, sehingga mereka tertarik mencoba bertransaksi digital ala Mandiri.

Hingga akhir tahun ini, Bank Mandiri berharap dapat memperkenalkan sedikitnya empat Hype Branch di seluruh Indonesia. Satu cabang di Bali tepatnya di KCP Kuta Sunset Road yang sudah diresmikan Januari 2020, dan dua cabang lagi di Jakarta.

Hery menambahkan, transaksi digital Bank Mandiri kini telah dapat dilakukan melalui berbagai media seperti aplikasi Mandiri Online, ATM, SMS Banking. Melalui aplikasi Mandiri Online, misalnya, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi, termasuk pemindahbukuan, transfer antarbank, pembayaran bulanan, termasuk mendapatkan informasi detail terkait saldo tabungan, pinjaman dan data transaksi.

Per Desember 2019, pengguna aplikasi Mandiri Online mencapai 3,23 juta user, tumbuh 71,7 persen yoy dengan frekuensi transaksi finansial yang terus meningkat menjadi 394,1 juta. Dari jumlah tersebut, nilai yang ditransaksikan mencapai Rp748,8 triliun, naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, Regional CEO Bank Mandiri, Harry Gale, mengatakan, pihaknya siap untuk terus mengembangkan inovasi dan lebih banyak berinteraksi dengan nasabah untuk menyerap informasi terkini dari pasar.

“Kami berharap kehadiran Hype Branch KCP Jakarta Senayan City dapat memberikan kontribusi positif bagi Bank Mandiri pada khususnya dan terutama kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” kata Harry.