Imbas Corona, Duterte Putuskan Isolasi Filipina

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Wisnu Widiantoro

VIVA – Otoritas Filipina mengumumkan untuk lockdown sehingga menutup akses Manila, Ibu Kota negara tersebut imbas penyebaran virus Corona Covid-19. Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyampaikan pengumuman penghentian perjalanan darat, laut dan udara domestik menuju dan dari Manila. 

Dilansir dari thestar, Kamis, 12 Maret 2012, Dengan kebijakan ini maka Manila akan diisolasi termasuk tindakan karantina terhadap warganya. Duterte menyetujui resolusi ini sebagai langkah untuk meredam virus Corona.

Kebijakan ini akan menyertakan larangan pertemuan massal, penutupan sekolah selama sebulan. Lalu, tindakan karantina terhadap warga yang terdeteksi Corona.

Angka penyebaran virus Corona di Filipina sudah menewaskan dua orang serta 53 orang terinfeksi.

Pun, terkait ini, Duterte sebelumnya sudah menyiapkan pemeriksaan Corona usai tiga menteri kabinet pemerintahannya mengisolasi diri. Ketiga menteri itu disebut menjalin kontak dengan pasien positif Corona.

Tiga menteri tersebut yaitu Menteri Transportasi Arthur Tugade, dan Kepala Staf Duterte, Salvador Medialdea, dan Menteri Keuangan Carlos Dominguez.