Menteri Airlangga Janjikan Bahan Pangan Tersedia hingga Lebaran

Sumber :

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjamin bahan pangan mencukupi hingga hari raya Lebaran. Sebelumnya, hal itu dibahas oleh Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas dengan jajarannya, hari ini, Selasa 21 April 2020.

"Secara keseluruhan bahan pangan pokok kita relatif tersedia. Presiden RI dalam rapat tadi juga memberi arahan untuk mengamankan cadangan beras pemerintah," kata Airlangga saat menyampaikan keterangan pers, Selasa 21 April 2020.

Airlangga menuturkan, pemerintah berupaya mengalihkan gula yang selama ini diperuntukkan bagi industri. Selain itu, sembari menunggu proses izinnya, ada izin impor yang akan dilakukan pada awal Mei mendatang.

"Harapannya dari gula rafinasi untuk operasi di dalam negeri. Kemudian yang terkait dengan bawang putih barangnya akan masuk dan diharapkan harga nanti bisa turun ke bawah," ujarnya.

Mengenai persoalan beras, Airlangga juga mengklaim, kebutuhan untuk tiga bulan ke depan aman. Kementerian Pertanian, sebut Airlangga, telah mengawasi 168.000 rice mill yang kemungkinan langsung diserap oleh Bulog maupun para distributor.

"Jadi harapannya stok beras menjelang hari Lebaran mencukupi," tutur dia.