PSBB di Bandung Raya, Pertamina Pastikan Pasokan Energi Aman

Sumber :

VIVA – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Bandung Raya mulai hari ini, Rabu, 22 April 2020. Untuk itu, PT Pertamina akan terus melaksanakan tugas dalam penyediaan energi, baik BBM dan LPG bagi masyarakat. 

PSBB dilaksanakan di lima kabupaten/kota, yaitu di wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang, dengan pengecualian di antaranya untuk sektor energi yang wajib  melaksanakan aktivitas pemenuhan energi bagi masyarakat. 

Unit Manager Communication Relations and CSR Marketing Operation Region III, Dewi Sri Utami, menyatakan, upaya maksimal Pertamina dalam menyediakan BBM dan LPG bagi masyarakat telah dilakukan sejak imbauan bekerja dan bersekolah di rumah pada pertengahan Maret 2020.

"Kami tetap melayani masyarakat, di mana aktivitas pengiriman BBM tetap berjalan normal. Terminal BBM dan LPG, serta SPBU tetap beroperasi, demikian pula agen dan pangkalan LPG," ujar Dewi dikutip dari keterangannya, Rabu 22 April 2020. 

Dewi menambahkan, Pertamina akan terus memantau pasokan energi bagi masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penularan virus Covid-19. 

Untuk penyaluran BBM dan LPG, dia mengungkapkan, tetap berjalan normal. Bahkan, Pertamina juga meningkatkan layanan masyarakat selama #dirumahaja melalui layanan antar Pertamina Delivery Service (PDS). 

Layanan PDS ini bisa diakses melalui call center Pertamina 135 untuk pembelian produk Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. 

Layanan pemesanan BBM ini secara bertahap dilakukan perluasan, sehingga bisa mencakup seluruh Kota Bandung. Sementara itu, untuk Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Sumedang berlaku di wilayah tertentu.

"Masyarakat juga dapat menikmati promo diskon khusus untuk layanan antar LPG nonsubsidi," ujar Dewi.  

Promo diskon 25 persen bagi 1.000 orang pemesan pertama, berlaku mulai 20 April-18 Juni 2020.

Dewi menambahkan, sejauh ini stok BBM dan LPG dalam kondisi aman. "Kami juga melakukan penambahan pasokan LPG 3 kg sebesar 3,2 persen rata-rata harian," katanya.  

Sepanjang April, Pertamina telah menambah pasokan LPG 3 kg di wilayah Bandung Raya dan Sumedang. Total penambahan LPG 3 kg menjelang PSBB dan bulan Ramadhan mencapai 237.360 tabung, dengan rata-rata pasokan harian normal sebanyak 293.201 tabung, yang dipasok dari 186 agen dan 4.391 pangkalan.

Pertamina bersama Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) juga telah membekali surat tugas bagi pekerja operasional, operator SPBU, serta petugas pendistribusian BBM dan LPG untuk memudahkan mobilitas selama penyaluran energi, yang dikoordinasikan dengan pemerintah setempat.

"Pekerja yang berdomisili di luar Bandung Raya dan berkaitan langsung dengan penyaluran energi seperti SPBU, SPBE, agen, dan pangkalan membawa surat keterangan bekerja dari masing-masing perusahaan, serta stiker khusus Satgas (Satuan Tugas) Rafico (Ramadhan, Idul Fitri, dan Covid-19) sebagai penanda bagi kendaraan energi," tutur Dewi.