Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Hujan Meteor Eta Aquarids Capai Puncak Rabu Dini Hari

Rabu, 6 Mei 2020 | 09:44 WIB
Oleh :
Foto :
  • bbc
Debu yang ditinggalkan Komet Halley ratusan tahun lalu menciptakan hujan meteor Eta Aquarids.-Getty Images

Di tengah-tengah karantina virus corona yang membuat jutaan penduduk dunia harus berada di dalam rumah, ada baiknya Anda melihat ke langit pada minggu ini.

Hujan meteor Eta Aquarids berada pada puncaknya di hari-hari pertama bulan Mei setiap tahun. Tetapi di tahun 2020 ini keadaannya akan lebih indah dari sebelumnya.

Baca Juga

Bagi Anda yang mampu tetap terjaga sampai dini hari, kemungkinan Anda juga akan diuntungkan oleh langit yang lebih terang karena rendahnya polusi di sejumlah kota.

Ini sangat menguntungkan pengamatan langit di malam hari, bersamaan dengan saat debu ekor Komet Halley melewati Bumi, yang menimbulkan hujan Eta Aquarids.

"Meteor ini bergerak cepat: Sekitar 66 km per detik di dalam atmosfir Bumi,” kata Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) milik Amerika Serikat.

Kecepatan Eta Aquarids sampai 30 meteor per jam dan biasanya terlihat pada puncaknya minggu ini, terutama pada Rabu dini hari (06/05).

Bagaimana melihat Eta Aquarids?

Agar dapat melihat hujan meteor, yang juga disebut hujan bintang, Anda tidak memerlukan alat khusus. Pengamatan langit secara sederhana sudah cukup.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler