Tiket Garuda Indonesia Sudah Bisa Dipesan, Penerbangan Dimulai Besok

Pesawat Maskapai Garuda Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Maskapai penerbangan, Garuda Indonesia akan mulai melayani pelanggan untuk berpergian ke berbagai daerah mulai besok, Kamis 7 Mei 2020.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, situs garuda-indonesia.com sudah bisa memberikan layanan pemesanan tiket mulai sore ini, sejak pukul 15.00 WIB.

"Jam 3 siang ini Website Garuda (Garuda-Indonesia.com) on untuk mulai buka reservasi penerbangan. Garuda terbang kembali tanggal kamis 7 mei 2020 jam 00.00," kata dia melalui pesan singkat, Rabu 6 Mei 2020.

Sebelumnya, Pemerintah berencana mengizinkan kembali seluruh moda transportasi untuk beroperasi mulai besok, Kamis, 7 Mei 2020. Kebijakan itu akan diberlakukan setelah ditetapkannya pelarangan mudik Lebaran atau Idul Fitri 2020 di tengah pandemi virus corona (covid-19).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kebijakan tersebut akan ditetapkan dengan syarat terpenuhinya protokol kesehatan. Adapun moda transportasi tersebut diantaranya angkutan udara, kereta api, bus maupun laut.

Budi menegaskan, kebijakan itu bukan suatu bentuk relaksasi dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ataupun larangan mudik, melainkan penjabaran Peraturan Menteri Nomor 25 tahun 2020 soal pengaturan transportasi saat Mudik Lebaran.

"Intinya adalah penjabaran, bukan relaksasi loh ya, artinya dimungkinkan semua moda angkutan, baik udara, kereta api, laut, bus, untuk kembali beroperasi dengan catatan satu harus mentaati protokol kesehatan," ungkap dia saat rapat kerja dengan Komisi V DPR, Rabu, 6 Mei 2020.

Kata Budi, dengan adanya kebijakan tersebut, Menteri Kesehatan maupun Kepala Badan Nasional Penanggulangan Benacana (BNPB) akan menetukan siapa saja yang bisa memanfaatkan kebijakan itu ataupun yang tidak.