Warga Arab Saudi Berlebaran Minggu Besok, Tapi Dilockdown

Sumber :

VIVA – Kerajaan Arab Saudi mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020. Keputusan Mahkamah Agung Arab Saudi itu merujuk laporan pengadilan dan pengawas rukyah, bahwa bulan Syawal tidak tampak pada Sabtu ini, sehingga bulan Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari.

Dengan demikian, Sabtu ini akan menjadi hari terakhir bulan Ramadhan. "Dan, hari Minggu akan menjadi hari pertama Syawal dan Idul Fitri," begitu putusan Mahkamah Agung Arab Saudi dilansir SPA.

Namun demikian, Idul Fitri di Arab Saudi dirayakan di tengah kebijakan Kerajaan yang menetapkan jam malam secara penuh selama 24 jam kepada warga negaranya. Arab Saudi melarang warganya keluar rumah selama periode 23-27 Mei 2020, untuk memutus penyebaran virus corona.

Baca: Arab Saudi Berlakukan Jam Malam Penuh Saat Libur Idul Fitri

Mahkamah memberi selamat Idul Fitri kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman, pemerintah, warga Kerajaan Arab Saudi serta ekspatriat Muslim yang tinggal di negara itu.

Begitu juga selamat kepada seluruh negara Islam di seluruh dunia atas kedatangan Idul Fitri yang diberkati. 

Selain Arab Saudi, negara-negara Muslim lainnya juga mengumumkan 1 Syawal 1441 H atau Idul Fitri pada Minggu lusa, seperti UEA, Irak, Qatar, Indonesia dan Yordania.