1 Juli 2020 Kartu Kredit Wajib Pakai PIN, BCA: Tanda Tangan Ditolak

Ilustrasi Kartu Kredit BCA.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung kebijakan Bank Indonesia yang mewajibkan seluruh transaksi kredit menggunakan PIN. Itu sesuai Surat Edaran Bank Indonesia No. 16/25/DKSP yang terbit pada akhir 2014.

Melalui surat edaran itu, seluruh kartu kredit yang diterbitkan penerbit kartu kredit di Indonesia wajib telah mengimplementasikan teknologi PIN online enam digit paling lambat pada 30 Juni 2020.

“Sejak beberapa waktu lalu, BCA secara aktif memberikan sosialisasi kepada nasabah pemegang kartu kredit di seluruh Tanah Air untuk mengaktifkan PIN Kartu Kredit sebelum tanggal 1 Juli 2020," kata Executive Vice President of Transaction Banking Business Development of BCA I Ketut Alam Wangsawijaya, dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 22 Juni 2020.

Hingga Mei 2020, BCA mencatat 84 persen pengguna sudah melakukan aktivasi PIN untuk bertransaksi dengan kartu kredit. Bagi nasabah pemegang kartu kredit BCA yang masih belum mengaktifkan PIN, diharapkan I Ketut dapat segera melakukan aktivasi sebelum 1 Juli 2020.

Secara umum, I Ketut mengatakan, terdapat tiga cara untuk mengaktifkan PIN kartu kredit antara lain via BCA mobile, via website BCA www.bca.co.id/creditcard, dan via ATM BCA. Untuk mengetahui cara lengkapnya, nasabah dapat memperoleh informasi pada www.bca.co.id/edukatips/pin dan https://youtu.be/W3BuNol-ylk. 

Untuk aktivasi PIN kartu kredit via aplikasi BCA mobile, pilih fitur mAdmin, pilih aktivasi kartu Kredit, lalu pilih buat/ubah PIN, dan pilih “buat PIN”. Lalu, pilih Kartu Kredit mana yang mau dicreate PIN, lalu input PIN yang dikehendaki dan PIN Kartu Kredit Anda kini sudah aktif. 

Selain itu, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN melalui website BCA www.bca.co.id/creditcard dengan mengisi form Verifikasi Data https://eform.klikbca.com/fasilitasonlinecc/. Setelah menekan “Proses”, pilih “Aktivasi PIN”, pilih kartu yang akan diaktivasi, masukkan 6 digit “Kode Otentikasi” yang diterima melalui SMS*, tekan “Proses”, masukkan 6 digit PIN baru, tekan “Proses” dan Anda akan menerima SMS notifikasi.

Selain melalui BCA mobile dan Website BCA, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN kartu kredit melalui ATM BCA, dengan memasukkan Kode Otentikasi yang dikirim melalui SMS BCA setelah kartu kredit diaktifkan. Caranya, masukkan Kartu Kredit, pilih “Aktivasi PIN”, masukkan 6 digit “Kode Otentikasi” yang diterima melalui SMS*, tekan “Benar”. Jika valid, tekan “Lanjutkan” dan masukkan 6 digit PIN baru (2 X). PIN Anda sudah aktif, Anda akan menerima SMS notifikasi. 

“Kami menghimbau kepada nasabah pemegang kartu kredit BCA di seluruh Tanah Air untuk melakukan aktivasi PIN kartu kredit segera karena transaksi kartu kredit yang menggunakan tanda tangan akan ditolak atau declined,” tutup I Ketut.