Jokowi Desak Kepala Daerah Segera Cairkan Anggaran Covid-19

Sumber :

VIVA – Presiden Jokowi nampaknya masih menyoroti penyerapan anggaran terkait penanganan covid-19. Ia mendesak seluruh pemerintah daerah segera menggelontorkan uang agar kebutuhan di lapangan segera terpenuhi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memimpin rapat di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa 30 Juni 2020.

"Saya titip kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota agar anggaran-anggaran yang berkaitan dengan kesehatan itu segera dikeluarkan," kata Jokowi.

Pernyataan Jokowi mengenai anggaran seperti berulang kali disampaikan di berbagai kesempatan. Kepala negara tak ingin lagi melihat ruwetnya birokrasi. Seperti yang berkaitan dengan kesehatan, bantuan sosial hingga insentif bagi sektor usaha kecil menengah.

Ia pun menyatakan, hampir setiap hari memelototi anggaran di tiap kementerian/ lembaga sehingga mengetahui pelaksanaannya sesuai atau tidak. 

"Karena ini menyangkut nanti peredaran uang yang ada di masyarakat," kata dia.

Pesan ini tidak hanya disampaikan kepada pemerintah daerah. Ia juga mendesak, semua instansi pemerintah pusat memelototi daerah yang terkena dampak. Sehingga bantuan dan insentif yang diterima masyarakat bisa berlapis dan tepat sasaran.

"Ini berlapis-lapis seperti ini sehingga tidak ada semua yang tercecer," kata dia.