RI Makin Dermawan Saat Pandemi, Bos Grab: Uang Tip Naik 63 Persen

Layanan Grab.
Sumber :
  • Dokumen Grab

VIVA – Masyarakat Indonesia, yang terkenal dengan sikap gotong royongnya, semakin dermawan pada saat masa krisis akibat pandemi virus corona (covid-19). Mereka berderma dengan memanfaatkan teknologi digital.

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, peningkatan sifat dermawan tersebut juga terekam melalui aplikasi yang dikelolanya, baik dalam bentuk donasi hingga uang tip yang diberikan. 

Hingga saat ini, dia mencatat jumlah donasi yang dikumpulkan pelanggan Grab melalui penukaran poin GrabRewards selama pandemi covid-19 mencapai Rp1,4 miliar. Kemudian, jumlah tip yang diberikan kepada mitra juga naik 63 persen.

"Yang lebih penting masyarakat saling menyayangi, sudah Rp1,4 miliar didonasikan melalaui GrabRewards, tip meningkat 63 persen, di sini jadi orang semakin dermawan," kata dia dalam webinar Grab For Good, Selasa, 30 Juni 2020.

Di samping itu, juga terdapat 850 ribu makanan yang dibeli oleh pelanggan Grab bagi mitra pengemudinya melalui menu khusus mitra pengemudi di 7.800 merchant. Akibatnya sektor-sektor tersebut masih mampu bergerak. 

"Terjadi perbedaan pola kebiasaan, peran digital sangat penting bantu UMKM dan ekonomi bisa berjalan. Penting bagi bisnis untuk tetap berjalan di tengah new normal, kita perlu lebih ajak mereka menyentuh ranah online ini, jadi digitalisasi menjadi kunci utama di sini," tegas Ridzki.

Dia juga mencatat, sejak pandemi, sebanyak lebih dari 32 ribu pedagang di pasar tradisional di Indonesia telah terdigitalisasi oleh GrabMart dan GrabAssistant. 379 ribu mitra pengemudi dan pengantaran telah menyelesaikan modul pelatihan Literasi Digital Microsoft dan GrabAcademy.