Beragam Manfaat Kesehatan Daun Sirsak

Sirsak
Sumber :
  • Pixabay/ Najibzamri

VIVA – Sirsak menjadi buah yang banyak ditemukan di daerah beriklim tropis. Buah dengan daging kenyal ini memiliki rasa yang sedikit asam dengan sensasi menyegarkan. Bukan hanya rasanya yang enak, sirsak juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya adalah bagian daunnya. 

Dalam program Hidup Sehat TvOne, Spesialis farmakologi, dr. Wawaimulu Arozalz M.Biomed, Pharm.D. menjelaskan ada sejumlah manfaat luar biasa dari daun sirsak. Salah satunya adalah dapat menurunkan risiko kanker.

"Dalam sebuah penelitian daun sirsak dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar. Pemberian daun sirsak dan diimbangi oleh terapi standae kemoterapi mampu menurunkan ukuran tumor dan menghambat sel tumor. Tapi perlu diingat untuk menurunkan risiko kanker jangan hanya mengandalkan daun sirsak tapi juga diimbangi dengab terapi standar atau kemotrapi," kata dia, Jumat 17 Juli 2020.

Selain dapat menurunkan risiko kanker, daun sirsak juga diketahui dapat menurunkan kolesterol. Meskipun, kata Wawaimulu studi masih terbatas pada hewan coba, daun sirsak pada manusia dapat menunrukan kadar kolesterol. 

"Perlu diingat jangan semata-mata mengunakan ini saja tapi juga harus diimbangi dengan makanan dan diet rendah lemak sehingga dapat menurunkan kolesterol jaha," jelas dia.

Manfaat lain yang tidak terduga dari daun sirsak adalah dapat mengatasi nyeri punggung. Tapi, Wawaimulu menjelaskan hanya sakit pinggang ringan yang dapat diobati oleh daun sirsak ini.

"Banyak laporan daun sirsak mengandung senyawa analgesik. Terkait nyeri punggung sendiri terdapat berbagai penyebab. Nyeri punggung yang sifatnya ringan dapat diobati dengan daun sirsak," "kata dia.

Satu lagi, manfaat tidak terduga dari daun sirsak adalah dapat meningkatkan kesuburan. Meskipun baru terbatas pada studi hewan uji. 

"Studi pada hewan uji daun sirsak dapat meningkatkan mortilitas atau pergerakan sperma dan tingkat jumlah sperma. Meski demikian, tapi tampaknya menjanjikaan daun sirsak untuk kesuburan," kata dia.