Cicipi Jus Rumput Gandum, Herbal Sehat Kaya Khasiat

jus rumput gandum
Sumber :
  • Consciouslife

VIVA – Pernah mendengar rumput gandum atau wheatgrass? Rumput gandum ini merupakan rumput muda, tebal berwarna hijau cerah dari tanaman gandum. 

Rumput gandum atau wheatgrass belakangan ini tengah populer di kalangan masyarakat sebagai suplemen dan makanan super sehat. Rumput gandum ini merupakan rumput muda, tebal berwarna hijau cerah dari tanaman gandum. 

Berasal dari keluarga Triticum Aestivum, rumput gandum ini ternyata digadang-gadang dapat menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan loh. Dengan mengonsumsi rumput gandum secara tepat dan diimbangi dengan sejumlah aktivtias fisik dapat membantu kamu untuk memiliki berat badan yang ideal.

Baca juga: Terungkap, Catherine Wilson Fans Berat Klub Chelsea

Lalu apa yang terkandung dalam rumput gandum sehingga dapat menurunkan berat badan? Rumput gandum mengandung thylakoids, zat yang ditemukan pada tanaman berklorofil.

Thylakoids dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan penurunan berat badan. Zat ini memperlambat pengosongan lambung dan meningkatkan pelepasan hormon yang mengurangi rasa lapar.

"Rumput gandum ini hampir tidak punya kalori dan lemak. Tanaman ini memiliki protein, dan mengandung serat yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk mereka yang sedang diet atau sedang dalam program penurunan berat badan," kata Spesialis Gizi Klinis, dr. Reisa Djuanda dalam program Hidup Sehat tvOne, Jumat 17 Juli 2020.

Baca juga: Curhatan Omas, Berjuta Berkah Usai Putuskan Berhijab

Selain itu, rumput gandum ini juga diketahui dapat memperlancar pencernaan. Sebab, rumput gandum kata dia  memiliki berbagai protein dan asam amino yang baik untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi penyakit lambung.

Untuk mengonsumsi rumput gandum agar mendapatkan hasil yang maksimal, Reisa memberikan beberapa tips penting seperti maksimal konsumsi rumput gandum ini 30 hingga 60 ml per hari. Rumput gandum ini akan efektif jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Namun ibu hamil, ibu menyusui, orang yang memilki gangguan saluran pencernaan dilarang mengonsumsi rumput gandum karena memiliki efek samping seperti mual, anoreksia dan konstipasi. Rumput gandum ini bisa dikonsumsi sebagai jus atau dikonsumsi melalui bubuk.