Pimpinan BPK Umumkan Harta Kekayaan

Sumber :

VIVAnews - Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan hari ini dijadwalkan mengumumkan harta kekayaannya. Mereka akan mengumumkannya langsung di Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Nanti jam 2 siang," kata Wakil Ketua Bidang Pencegahan KPK, Haryono Umar, saat dihubungi, Selasa 23 Maret 2010.

Pimpinan BPK yang akan mengumumkan langsung kekayaannya adalah Ketua BPK Hadi Poernomo, Wakil Ketua BPK Herman Widyananda, dan tujuh anggota yakni Moermahadi Soerja Djanegara, Taufiequrachman Ruki, T Muhammad Nurlif, Ali Masykur Musa, Hasan Bisri, Sapto Amal Damandari, dan Rizal Djalil.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPK saat ini juga tengah meneliti kekayaan milik Hadi Poernomo. Kekayaan mantan Dirjen Pajak itu dinilai mencurigakan karena banyak terdiri dari harta yang berasal dari hibah.

Berdasarkan data LHKPN Hadi Poernomo tertanggal 14 Juni 2006, terungkap mantan Dirjen Pajak itu memiliki harta dengan total Rp 26.061.814.000 dan US$ 50 ribu. Jumlah ini meningkat sekitar 100 persen dibanding harta Hadi pada 6 Juli 2001. Pada tanggal itu, Hadi memiliki harta Rp 13.855.379.000 dan US$ 50 ribu.

Dari rincian harta yang dimiliki, Hadi diketahui memiliki sejumlah tanah dan bangunan yang berasal dari hibah. Bahkan dalam kurun lima tahun itu, Hadi memperoleh sembilan tanah dan bangunan yang berasal dari hibah.

Tak hanya tanah dan bangunan yang berasal dari hibah. Hadi juga memiliki harta berupa barang seni senilai Rp 1 miliar. Barang seni yang berasal dari hibah itu diperoleh pada 1979. Selain itu, dia juga memperoleh hiba berupa logam mulia pada 1972 senilai Rp 100 juta.