Rapat Pemerintah-BI Tak Bahas Redenominasi

Menko Perekonomian Hatta Rajasa (kiri)
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) belum membahas mengenai wacana penyederhanaan penyebutan nilai nominal rupiah atau redenominasi. Padahal, keduanya bertemu dalam pertemuan rutin yang diadakan BI dan pemerintah hari ini.

Pemerintah dalam pertemuan di gedung Bank Indonesia itu diwakili Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Armida S Alisjahbana.

Menurut Hatta, pertemuan rutin tersebut hanya membahas mengenai kondisi makro dan perkembangan ekonomi terkini. Ketika ditanya apakah BI juga menawarkan pembahasan mengenai usulan redenominasi, dia membantah hal tersebut.

"Tidak ada pembahasan mengenai redenominasi, hanya membahas perekonomian terkini dan saling menukar informasi. Ini rapat rutin biasa," kata Hatta di Gedung BI, Jakarta, Senin 30 Agustus 2010.

Sebelumnya, Deputi Gubenur BI, Budi Rochadi, mengatakan BI akan melakukan pembicaraan dengan pemerintah terkait redenominasi dalam waktu dekat. Pembicaraan tersebut bisa memanfaatkan pertemuan rutin yang digelar BI dan pemerintah.